10 Manfaat Kopi Luwak Asli Bagi Kesehatan yang Bisa Anda Dapat

Kopi bisa dibilang minuman yang nyaris tak bisa dipisahkan dari sebagian besar masyarakat Indonesia bahkan dunia. Ada beragam jenis kopi yang bisa Anda temukan, ada robusta, arabika dan yang paling bergengsi adalah kopi luwak. Itu karena harganya yang terbilang sangat mahal untuk ukuran sebuah minuman.

Nah, apakah Anda tahu kalau kopi yang berasal dari feses musang hutan ini ternyata bisa bermanfaat bagi kesehatan? Bagi Anda yang belum tahu, Anda bisa melihat beragam manfaat dari kopi luwak bagi kesehatan di bawah ini.

  • Melindungi Gigi

Salah satu fungsi dari mengonsumsi kopi luwak adalah untuk melindungi gigi. Kandungan kafein dalam kopi luwak dapat memberikan perlindungan pada gigi dan mulut karena terdapat bakteri anti lengket yang bisa mencegah gigi berlubang.

  • Menambah Stamina Tubuh

Fungsi berikutnya dari kopi yang satu ini adalah untuk menambah stamina tubuh. Kopi luwak dapat merangsang sistem pembuluh darah dan merangsang hormon adrenalin. Itu semua bermanfaat untuk membuat stamina lebih tangguh dan menjadikannya lebih bertenaga.

  • Mencegah Kanker Payudara

Salah satu fungsi kopi yang sangat hebat adalah mampu mencegah kanker payudara. Mengonsumsi 4 gelas kopi luwak sehari bisa mencegah sel kanker payudara berkembang. Terlebih untuk mereka yang memasuki masa monopause yang rawan terserang penyakit satu ini.

  • Melindungi Kulit

Kopi luwak mengandung banyak vitamin E yang sangat berguna dalam menjaga kesehatan kulit. Kopi luwak juga bisa mengurangi risiko terserang penyakit kulit hingga 17% bila rutin mengonsumsinya paling tidak 2 kali sehari.

  • Mencegah Parkinson

Kopi identik dengan kandungan kafein yang katanya bila dikonsumsi berlebihan berbahaya bagi kesehatan. Namun, bila dikonsumsi dengan porsi yang tepat, kafein tersebut malah bisa mencegah penyakit parkinson pada manusia. Itu karena kafein mengandung antioksidan yang tinggi hingga mampu mencegah radikal bebas merusak syaraf.

  • Mencegah Alzheimer

Sama seperti fungsi mencegah penyakit Parkinson, fungsi mencegah penyakit Alzheimer juga berhubungan dengan kafein yang ada dalam kopi. Kandungan tersebut mampu menghambat peradangan dalam otak yang biasanya menjadi penyebab utama timbulnya penyakit yang menyerang otak ini.

  • Mencegah Diabetes

Diabetes memang tak ada obatnya sampai sekarang. Namun, bila Anda mengonsumsi kopi luwak paling tidak 2 hingga 4 gelas sehari tanpa penambahan gula, Anda bisa mencegah terserang penyakit yang satu ini.

Mencegah Batu Empedu

Lagi-lagi fungsi yang satu ini berhubungan dengan kandungan kafein dalam kopi. Kopi luwak mengandung kafein yang juga mengandung zat anti lengket yang bisa meluruhkan kristal-kristal kolestrol yang mengendap di empedu. Oleh sebab itu, dengan mengonsumsi 2 hingga 3 gelas sehari, bisa mencegah menumpuknya batu empedu.

  • Mencegah Penuaan Dini

Membuat masker dari kopi luwak dengan campuran satu sendok tepung gandum dan kuning telur menjadi adonan yang kental bisa membuat Anda terbebas dari penuaan dini. Oleskan masker tersebut ke wajah Anda dan diamkan selama 15 menit bisa mencegah terjadi kerutan di wajah Anda.

  • Menghilangkan Selulit

Untuk menghilangkan masalah yang satu ini, Anda bisa membalurkan kopi luwak paada bagian tubuh yang terkena selulit setelah itu bungkus dengan plastik. Diamkan selama 15 hingga 20 menit dan bilas dengan air hangat. Selulit pada bagian tubuh Anda akan tersamarkan dengan sempurna.

Ternyata kopi satu ini sangat bermanfaat bagi kesehatan, kan? Tapi, ada yang harus Anda cermati, ini hanya berlaku untuk kopi luwak yang asli. Bukan kopi luwak sachet yang bisa Anda temukan di mana saja dengan harga yang murah. Kopi luwak asli memiliki kandungan yang terjamin aman. Tidak seperti kopi luwak sachetan yang tidak jelas, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *