3 Faktor Yang Menyebabkan Seseorang Berpindah Keyakinan Atau Kepercayaan

Apa itu agama? Agama adalah suatu keyakinan atau kepercayaan kepada tuhan yang dianut oleh seseorang. Definisi lain dari agama itu adalah sistem yang mengatur tata kepercayaan dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya. Keyakinan atau kepercayaan yang dianut oleh seseorang itu biasanya mengikuti kepercayaan yang dianut oleh orangtua dan keluarga besarnya. Namun kadang ditengah perjalanan hidup, ada beberapa orang yang berpindah keyakinan. Tentunya berpindahnya keyakinan atau kepercayaan seseorang ini akan menimbulkan pertentangan dari orangtua atau keluarga terdekatnya. 3 faktor yang menyebabkan seseorang berpindah keyakinan atau kepercayaan diantaranya yaitu :

  1. Faktor Pengetahuan

Setiap manusia dikaruniai akal pikiran untuk bisa berpikir supaya bisa membedakan mana yang baik dan juga yang buruk untuk kehidupannya. Ketika seseorang mendapat sebuah pengetahuan tentang ajaran sebuah agama lain, jika seseorang ini merasa nyaman dan merasa ajaran agama lain itu lebih masuk akal sehingga bisa mendorong seseorang ini untuk memeluk agama tersebut.

  1. Faktor Sosial

Ketika seseorang sering berkumpul atau bersosialisasi denga orang orang yang berbeda agama dengannya. Kadang hal ini akan menyebabkan seseorang ini tertarik dengan agama yang dianut oleh orang orang tersebut. Ketertarikan ini bisa saja terjadi karena adanya rasa nyaman dengan agama yang dianut oleh rekan rekannya itu.

  1. Faktor Asmara

Sering juga kita dengar dan lihat jika adanya beberapa orang yang rela berpindah keyakinan demi rasa cintanya kepada seseorang. Contohnya ketika seseorang menjalin hubungan dengan seseorang lainnya yang berbeda agama, maka hal ini sering menyebabkan seseorang itu berpindah keyakinan mengikuti agama pasangannya itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *