3 Hal Yang Menyebabkan Seseorang Menikah Secara Siri

Apa itu nikah siri? Nikah siri atau nikah di bawah tangan merupakan sebuah pernikahan yang tidak dicatat di Kantor Urusan Agama. Beberapa orang beranggapan jika nikah siri ini merupakan sebuah pernikahan yang kesahannya itu diragukan. Dan juga sering kali nikah siri ini dipakai untuk melakukan sebuah perselingkuhan. Sebenarnya nikah siri itu dikatakan sah dari pandangan agama islam namun belumsah jika dipandang dalam hukum karena tidak tertulis di KUA (Kantor Urusan Agama). Nikah siri ini dipandang sebagai nikah yang dilakukan secara diam diam karena saat terjadinya pernikahan tidak dihadiri atau diketahui oleh banyak orang tidak seperti pernikahan resmi pada umumnya. Lalu apa yang menyebabkan seseorang menikah secara siri. Ada 3 hal yang menyebabkan seseorang menikah secara siri diantaranya yaitu :

  1. Seseorang Yang Melakukan Poligami

Ketika seorang pria yang telah mempunyai istri mempunyai maksud untuk menikah lagi maka biasanya si pria ini akan menikahi istri keduanya itu secara siri. Hal ini dilakukan karena biasanya si pria tidak ingin jika pernikahan dengan istri keduanya itu diketahui istri pertamanya dan juga diketahui banyak orang.

  1. Seorang Duda Atau Janda Yang Akan Menikah Lagi Tapi Tidak Mempunyai Akta Cerai

Ketika seorang duda atau janda memutuskan untuk menikah lagi namun tidak mempunyai bukti atau akta cerai maka seseorang ini akan melakukan pernikahan secara siri. Seseorang ini tidak bisa menikah secara resmi karena tidak mempunyai surat surat kelengkapan yang harus dipenuhi jika ingin menikah secara resmi.

  1. Seseorang Yang Menikah Karena Telah Hamil Di Luar Nikah

Ketika seorang wanita telah hamil di luar nikah maka biasanya pihak keluarga akan menikahkannya secara siri. Tapi menurut agama seharusnya wanita yang sedang hamil diluar nikah itu hanya boleh dinikahkan setelah dia melahirkan. Tapi untuk menutup aibnya di masyarakat biasanya dinikahkan dulu untuk kemudian setelah melahirkan anaknya akan dinikahkan ulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *