3 Tips untuk Menjaga Harga Piano Bekas Tetap Tinggi

305 views

Piano akustik merupakan sebuah piano yang memiliki harga yang cukup mahal, lebih mahal dari piano elektrik standar. Harganya yang mahal sebanding dengan suara yang dihasilkan yang lebih akustik dan terdengar asli. Bagi mereka yang ingin memiliki piano jenis ini, beberapa memilih piano bekas karena harganya yang jauh lebih murah. Harga piano bekas sangat dipengaruhi oleh beberapa hal. Yang jelas sangat berpengaruh adalah suaranya. Jika piano yang kita jual tidak memiliki suara yang baik dan sesuai, maka kita hanya dapat menjual piano tersebut dengan harga yang jauh lebih murah dari pada harga aslinya. Oleh karenanya, jika kita memiliki piano dan ingin menjual piano tersebut, ada beberapa perawatan yang harus rutin Anda lakukan agar piano Anda tetap dalam kondisi baik. Piano yang memiliki kondisi baik dapat dijual dengan harga yang tinggi meskipun piano tersebut merupakan piano bekas.

Merawat Piano Agar Tetap Bagus Dan Memiliki Harga Jual Tinggi

Nah, mari kita pelajari apa saja yang perlu kita lakukan pada piano bekas yang akan kita jual agar dapat terjual dengan harga tinggi. Adapun hal yang harus kita perhatikan adalah sebagai berikut.

  1. Scale piano

Scale piano adalah salah satu kegiatan merawat piano yang Anda miliki agar nyaman digunakan dan memiliki nada yang akurat. Biasanya kegiatan ini dilakukan pada sebuah piano yang belum pernah dimainkan orang atau piano baru, namun, bagi piano bekas yang sudah lama tidak dimainkan, kegiatan ini juga sangat penting untuk dilakukan. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh teknisi piano dengan lama pengerjaan sekitar 1 sampai dengan 3 jam pada satu piano.

  1. Tuning piano

Bagi yang sudah mengenal piano, Anda pasti sudah sangat mengenal kegiatan tuning piano. Kegiatan ini bertujuan untuk memperbaiki nada pada tiap tuts piano agar memiliki suara yang benar atau sesuai dengan tangga nada. Kegiatan ini adalah perawatan dasar yang harus rutin dilakukan baik pada piano elektrik maupun piano akustik. Kegiatan ini minimal dilakukan 3 atau 6 bulan sekali secara rutin untuk menjaga kualitas suara yang dihasilkan piano tersebut. Suara piano seringkali berubah jika sering dipindah, atau karena efek getaran. Hal ini yang membuat kegiatan tuning harus rutin dilakukan walaupun piano jarang dimainkan.

  1. Overhaul piano

Kegiatan ini adalah kegiatan reparasi agar piano bekas dapat kembali tampak baru. Hal tersebut dilakukan dengan mengganti beberapa bagian yang sudah aus dengan yang baru agar dapat dimainkan dengan baik dan tetap awet digunakan.

Nah itu tadi kegiatan yang dapat dilakukan untuk merawat piano bekas. Melakukan perawatan secara rutin dapat menjaga kondisi piano tetap baik sehingga harganya tetap terjaga.

Leave a reply "3 Tips untuk Menjaga Harga Piano Bekas Tetap Tinggi"