4 Kelemahan Android Dibanding dengan iOS

311 views

handphone-xiaomi

Jika saja tidak ada Ios, tentu kita tidak bisa mengetahui kelemahan android. Mengapa? Sebab hanya dua opera sistem (OS) inilah yang sampai saat ini terus berdebat mempersoalkan siapa yang paling unggul. Bahkan keduanya telah menciptakan fan tersendiri yang saling menjatuhkan satu sama lain. Menggunggulkan produk yang mereka bela. Meski bisa jadi, itu adalah strategi pemasaran agar kedua produk terus bisa laris di pasaran.

Terlepas dari apapun, android memang memiliki kelemahan yang datang dari keunggulan iOS. Setidaknya, android lemah dalam hal keamanan, sementara iOS sangat unggul dalam hal itu. iOS sangat menjamin keamanan pengguna mereka. iOS tidak mengijinkan adanya pihak ketiga masuk dalam produk mereka. Selain itu, apa kelemahan Android yang bisa juga jadi kelebihanya.

  1. Harga Murah, Terjangkau Sekaligus Juga Pasaran

Kelemahan android yang pertama bisa jadi datang dari harga yang diterapkan. Harganya yang murah menjadikan android produk pasaran. Tidak akan bisa kamu temukan produk yang ekslusif di android. Tentu beda dengan iOS, dengan harga yang relatif mahal, iSO selalu menjadi produk yang ekslusif. Yang hanya bisa dimiliki oleh orang-orang tertentu.

Ini seperti membuktikan pernyataan umum, bahwa sesuatu yang ekslusif pasti mahal. Selalu ada harga yang harus di bayar lebih untuk hal yang ekslusif. Terlebih, harga yang ditawarkan oleh Apple itu juga dilengkapi dengan spesifikasi yang bagus. Pokoknya kalau kamu ingin produk yang tidak pasaran dan ekslusif, pilihlah iPhone.

  1. Faktor Keamanan

Bagi kamu yang mendewakan faktor keamanan pada smartphone, ada baiknya kamu pilih iPhone. Bukan android. Sebab android memiliki keamanan yang tak sebagus yang ada pada iPhone. Bayangkan saja, android masih mengijinkan masuknya pengembang pihak ketiga. Bahkan kita bisa melakukan kontrol penuh pada smartphone android sebagai bagian dari kebijakan open source. Itu artinya pula, android rentan terserah virus atau malware. Sementara, iPhone untuk menyambungkan lewat bluethooth saja tidak bisa. Sehingga ia memiliki tingkat keamanan yang lebih baik.

  1. Teknologi layar android tak sebagus iPhone

iPhone memiliki teknologi yang disebut display retina. Teknologi ini memungkinkan kamu untuk tetap berada di depan ponsel iPhone dalam waktu yang lama tetapi tetap nyaman. Sementara jika kamu menggunakan android, tidak semua layar android dilengkapi dengan teknologi ini. bahkan beberapa produk android murah, memiliki tampilan layar yang buruk.

  1. Update Sepanjang Masa

Ini mungkin adalah salah satu kelemahan terbesar android. Ia tidak bisa di update sampai dengan versi terakhir. Kebanyakan produk android hanya bisa di update pada satu tingkat di atasnya. Paling-paling kalau kamu menggunakan produk kelas flagship, android yang bisa kamu update hanya sampai pada versi lollipop.

Tentu berbeda dengan iPhone, sejak pertama kali di luncurkan pada tahun 2013 silam. iPhone masih bisa di update hingga ke versi terakhir. Tentu ini adalah inovasi yang bagus untuk tetap membersihkan bug-bug yanga ada pada sistem sekaligus juga memberikan pengalaman yang merata pada semua pengguna. Hal ini tidak bisa kamu dapatkan dari android.

Android memaksa kamu yang ingin menggunakan versi android terbaru dengan membeli smartphone baru. Bukan dengan update sistem android. Cukup disayangkan memang hal yang satu ini.

Nah, itulah beberapa yang bisa jadi kelemahan pada android. Meski demikian, ada banyak kelebihan yang hanya bisa kamu temukan pada android. Misalnya, akses penuh pada ponsel hanya bisa kamu lakukan pada smartphone android.