5 Makanan Sehat Menurunkan Kolesterol Tinggi

738 views

makanan sehat

Pola hidup yang tidak sehat yang menyebabkan kolesterol tinggi merupakan faktor utama. Kolesterol tinggi bukan penyakit yang ringan, jika sudah menyerang maka seseorang akan mengalami serangan jantung secara tiba-tiba. Dan hal tersebut tak bisa dihindari. Untuk mengecek apakah anda terkena kolesterol tinggi atau tidak, anda bisa mengecek darah anda di laboratorium rumah sakit. Dan jangan menunda hal tersebut jika tidak ingin tubuh anda semakin rapuh.  Untuk menurunkan kolesterol yang tinggi, seseorang tidak perlu harus berobat mahal-mahal, anda juga bisa memakan makanan sehat berikut:

  1. Buah zaitun

Buah yang satu ini sangat efektif untuk menurunkan kolesterol tinggi yang disebabkan oleh kolesterol jahat meningkat. Kandungan antioksidan hydroxytyrosol pada buah saitu mampu menurunkan koleterol jahat dalam tubuh tetapi tidak membuat kolesterol baik menurun. Hal yang sungguh sangat mengagumkan dari buah zaitun. Olahan dari buah zaitun yang mungkin kita tahu adalah minyak zaitun. Minyak zaitun dapat digunakan sebagai pengganti minyak goring anda dir rumah. Minyak zaitun sangat baik dikonsumsi karena kandungan lemak tak jenuh dan vitamin E dapat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

  1. Ikan Omega-3

Ikan omega-3 adalah segala jenis ikan yang mengandung asam lemak omega-3. Ikan yang mengandung omega-3 sangat baik jika dikonsumssi setiap hari karena dapat menaikan kolesterol baik dalam tubuh dan mencegah kolesterol jahat. Ikan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti ikan salmon, tuna, sarden dan ikan kembung selain berfungsi meningkatkan kolesterol baik, juga baik untuk jantung dan darah. Hal itu karena kandungan omega-3 mencegah darah membeku dan mencegah serangan jantung secara tiba-tiba.

  1. Bawang putih

Rempah yang sangat bermanfaat unuk membuat suatu makanan menjadi sedap ini juga sangat bermanfaat untuk menurunkan koleterol jahat dalam tubuh. Dengan memakan bawang putih maka akan melindungi tubuh dari kolesterol tinggi selain itu juga sangat baik untuk kesehatan jantung. Namun ada baiknya mengonsumsi bawang putih mentah karena khasiatnya akan lebih  terasa. Anda bisa memakannya dengan salad buah atau sayur. Anda juga memasukkan bawang putih pada sup hangat.

  1. Teh hitam

Teh yang satu ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Salah satunya adalah menurunkan kolesterol yang tinggi dalam tubuh. Hal tersebut dibuktikan dengan beberapa penelitian yang mengatakan bahwa dengan mengonsumsi teh hitam secara rutin maka dapat menurunkan tinkat kolesterol yang tinggi sebesar 10 %  dalam waktu yang singkat. Ada baiknya jika mengonsumsi teh hitam tanpa gula. Anda bisa mencampurnya dengan lemon untuk membuat teh hitam lebih nikmat.

Baca Juga : Larangan Saat Haid Datang

  1. Buah Alpukat

Buah alpukat memang sudah terkenal mengandung lemak baik atau lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Namun apabila buah alpukat dikonsumsi tidak dengan bahan lain seperti coklat atau gula. Kandungan lain seperti lemak nabati membantu tubuh untuk mengurangi kolesterol jahat. Cobalah memakan buah alpukat tanpa tambahan apapun agar lebih menyehatkan.

Nah, tentunya ketika anda sehat akan membuat anda semakin ceria. Kendati demikian jika anda mengalami masalah kesehatan lainnya. Anda juga bisa mengasupi dara anda dengan memakan makanan yang dapat darah bertambah. Semoga bermanfaat.

Leave a reply "5 Makanan Sehat Menurunkan Kolesterol Tinggi"