Apa Saja Sih Macam-Macam Bentuk Mechanical Engineering?

Mechanical Electrical dan Piping merupakan suatu pekerjaan yang merupakan cabang dari ilmu teknik. Pekerjaannya menggunakan prinsip fisika untuk menganalisa, mendesain, serta pemeliharaan untuk menciptakan suatu kondisi terbaik yang dapat memudahkan pekerjaan manusia. Lalu apa saja sih macam-macam bentuk teknik mechanical?

  1. Perawatan Kerusakan

Perawatan ini merupakan bentuk perawatan yang dilakukan dengan menggunakan mesin operasional hingga rusak, baru setelah itu diperbaiki atau diganti. Cara yang satu ini merupakan cara yang kurang baik karena dapat menyebabkan pengeluaran yang lebih tinggi karena berdampak pada menurunnya keuntungan dari suatu perusahaan.

  1. Perawatan Pencegahan

Bentuk mechanical engineering yang kedua adalah perawatan pencegahan. Perawatan ini merupakan sebuah perawatan yang dilakukan sebelum mesin mengalami kerusakan. Perawatan pencegahan sendiri terbagi menjadi dua macam yaitu perawatan pencegahan terprediksi dan perawatan pencegahan berbasis waktu. Metode ini mempunyai keuntungan dan kerugian.

  1. Perawatan Terjadwal

Bentuk perawatan yang satu ini merupakan bagian dari perawatan pencegahan. Perawatan pencegahan bertujuan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada mesin. Selain itu, perawatan terjadwal juga dapat dilakukan secara periodik yang terjadwal dalam jangka waktu tertentu. Perawatan yang satu ini merupakan cara yang cukup efektif demi mencegah kerusakan mesin.

Meskipun begitu, perawatan terjadwal juga memiliki beberapa kekurangan. Apabila jangka waktu perawatan yang dilakukan terlalu pendek maka akan berisiko mengganggu proses produksi. Kesalahan lain yang mungkin terjadi adalah meningkatkan kesalahan pada teknisi, di mana teknisi akan memasang kembali komponen mesin tersebut.

  1. Perawatan Prediktif

Bentuk mechanical engineering yang terakhir adalah perawatan prediktif. Perawatan prediktif juga merupakan bagian dari perawatan pencegahan. Mengapa demikian? Sebab pelaksanaan perawatan prediktif di dasarkan pada kondisi mesin operasional itu sendiri. Perawatan yang satu ini dibutuhkan pemeriksaan secara rutin untuk mengetahui gejala kerusakan agar dapat diatasi.

Perawatan prediktif juga sering dikenal sebagai perawatan berdasarkan kondisi. Pada umumnya, metode pengecekan yang dilakukan bertujuan untuk memantau kondisi mesin operasional. Pengecekan sendiri dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti pemeriksaan getaran, pemeriksaan geometris, pemeriksaan kebocoran dan pemeriksaan kebisingan.

Nah, itulah beberapa macam bentuk mechanical engineering. Bentuk-bentuk perawatan tersebut terbilang cukup sederhana sehingga kamu dapat melakukannya sendiri ataupun dengan menggunakan bantuan layanan mechanical engineering plumbing. Pastikan bahwa kamu melakukan perawatan dengan benar agar tak terjadi kerugian yang tak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *