Berikut Resep dan Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam Yang Enak Dan Nikmat

Berbicara soal kuliner yang bernama bubur, di Negara Indonesia ini ada beberapa jenis bubur yang biasa kita temukan. Dan seperti yang kita ketahui juga, bahwa masing-masing daerah di Indonesia memiliki cara tersendiri dalam penyajian bubur tersebut. Selain bubur beras, bubur kacang hijau juga sudah sangat akrab dengan masyarakat Indonesia. Ya, terang saja demikian, sebab kuliner yang satu ini sudah ada sejak ratusan tahun silam lalu lho. Dengan demikian, maka tak heran jika bubur kacang hijau ini dinobatkan sebagai salah satu jajanan tradisional yang masih eksis hingga sekarang.

Sesuai dengan namanya, kuliner ini tentunya menggunakan kacang hijau sebagai bahan utamanya. Tak sulit bagi kita untuk menjumpai bubur kacang hijau di daerah sekitar. Banyak para pedagang yang menjajakan bbur kacang hijau, entah itu pedagang yang keliling maupun pedagang yang mangkal di pinggir jalan. Selain rasanya yang manis dan nikmat, harga yang ditawarkannya juga sangat bersahabat dengan isi dompet, yakni hanya sekitar Rp 3 ribu – Rp 5 ribu saja per porsinya. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, ternyata bbubur kacang hijau ini menyimpang segudang manfaat bagi kesehatan tubuh kita lho.

Terlepas dari hal itu, biasanya bubur kacang hijau ini akan dipadukan dengan ketan hitam sehingga menciptakan cita rasa yang begitu memanjakan lidah. Meski banyak pedangan yang menjajakan kuliner ini, namun tidak ada salahnya juga jika membuat bubur kacang hijau ketan hitam tersebut dengan tangan sendiri. Lantas, bagaimana cara membuatnya? Tanpa banyak panjang lebar lagi, inilah resep dan cara membuat bubur kajang hijau ketan hitam yang enak dan nikmat :

Bahan Kacang Hijau Yang Harus Dipersiapkan :

– Kacang hijau 250 g

– Daun pandan 1 lembar

– Air putih 1.2 L

– Garam sdt

– Santan 400 ml

– Gula merah 100 g

– Jahe 4 cm (memarkan)

Bahan ketan hitam yang harus dipersiapkan :

– Beras ketan hitam 150 g

– Garam ½ sdt

– Air putih 1 liter

– Daun pandan 1 lembar

– Gula pasir 75 g

Bahan santan :

– Santan kental 250 ml

– Air mineral 150 ml

– Daun pandan 1 lembar

– Tepung meizena 2 sdt

Cara membuatnya :

  1. Pertama-tama silahkan bersihkan kacang hijau dan ketan hitam dengan air, lalu rendam dengan air dalam wadah yang terpisah selama kurang lebih 2 jam.
  2. Lalu rebus kacang hijau dengan 1.2 L air, dan masukkan daun pandan serta jahe yang sudah dimemarkan sebelumnya.
  3. Biarkan air menguap hingga hampir habis, lalu tuangkan santan.
  4. Kemudian aduk hingga mendidih.
  5. Masukkan gula merah dan aduk hingga gula larut.
  6. Kemudian tambahkan garam lalu aduk hingga mendidih dan mengental, lalu rebus 1.2 L air ditambah daun pandan hingga mendidih, lalu masukkan beras ketan hitam.
  7. Biarkan air menguap hingga hampir habis, lalu tuangkan santan dan aduk hingga mendidih. Setelah itu masukkan gula dan garam, lalu terus supaya ketan tidak menempel dan aduk hingga mendidih.
  8. Lalu aduk santan dan air mineral hingga tercampur sempurna. Dan rebus santan lalu masukkan daun pandan, aduk hingga mendidih.
  9. Larutkan tepung maizena dengan 2 sdm air, kemudian masukkan dalam santan dan aduk hingga mendidih.
  10. Sajikan bubur kacang hijau dan bubur ketan hitam dengan menggunakan kuah santan.

Bagaimana, sngat mudah dan simple bukan? Itulah resep dan cara membuat bubur kacang hijau ketan hitam yang enak dan nikmat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *