Bulan Dana PMI, Cara Praktis untuk Tunjukkan Kepedulian Anda

Bulan Dana PMI, Cara Praktis untuk Tunjukkan Kepedulian Anda Pada Sesama

Sebagai warga negara muda yang hidup pada era globalisasi ini, berbagai informasi dapat Anda akses dengan mudah. Termasuk akses pada informasi korban bencana alam yang butuh uluran tangan atau sekedar bantuan sedikit dana untuk menyelesaikan masalah pengobatan gangguan kesehatan yang dialami mereka yang kurang mampu. Dua poin kemanusiaan diataslah yang menginspirasi Palang Merah Indonesia, untuk mengadakan bulan dana PMI.

Anda bisa melihat sendiri, bagaimana para muda-mudi, termasuk Anda sendiri sering tergerak saat membaca postingan di Facebook, foto liputan bencana  alam di Instagram atau membaca Thread Permohonan bantuan dana di Kaskus.

namun sekali lagi,

Karena keterbatasan geografis, atau kesibukan yang tak dapat dihindari, seringkali Anda menunjukkan kepedulian hanya dengan sekedar share, like atau menginformasikan postingan tersebut pada kolega Anda.

nah,

Bagi Anda yang bingung dan ingin mencari program penggalangan dana dengan fokus membantu masalah kesehatan dan korban bencana alam, Anda dapat ikut meramaikan program Bulan Dana PMI dengan tajuk ‘Ayo Peduli, Bantu Sesama!’ ini.

Program penggalangan dana yang diadakan tiap tahun ini merupakan program kerjasama pemerintah daerah dengan organisasi kesehatan Palang Merah Indonesia untuk mengumpulkan dana dari berbagai kalangan yang peduli dan mau menyisihkan sedikit rejeki mereka.

Umumnya dana yang terkumpul dari program ini digunakan untuk membiayai pengadaan fasilitas kesehatan dan transportasi seperti ambulans, perahu karet,  perangkat kesehatan untuk menjangkau wilayah terpencil, terutama daerah rawan bencana hingga membiayai biaya kesehatan bagi saudara kita yang mengalami musibah dan membutuhkan bantuan dana.

Bukan hanya untuk mengatasi dampak bencana alam nasional saja. Dikutip dari situs PMI.or.id, dana yang didapat dari sumbangan donatur juga disalurkan untuk membantu bencana alam negara lain seperti bencana besar luar negeri misalnya bencana kemanusiaan konflik etnis di Myanmar dan serta Bencana alam Topan Haiyan di Filipina.

Mengenal Bulan Dana Palang Merah Indonesia

Definisi dan Tujuan Bulan Dana PMI

Menurut Kristin Munandar selaku Kepala Subbag Infokom & Organisasi PMI Kota Bandung seperti yang Kami kutip, Bulan Dana dapat didefinisikan sebagai program pengumpulan dana yang dilakukan oleh masyarakat dengan PMI daerah sebagai penyelenggara utama.

Program ini dilakukan setelah PMI daerah mendapat persetujuan dari pihak pimpinan daerah (bupati, walikota atau gubernur) serta dinas sosial yang berwenang.

Program ini biasanya diselenggarakan selama tiga bulan berturut-turut yakni bulan juli, agustus dan september. Jika belum mencapai target yang ditentukan oleh PMI nasional, biasanya bulan dana diperpanjang selama dua hingga tiga bulan.

Tujuan utama dari program ini, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, adalah untuk mengajak mereka yang peduli pada sesama untuk berpartisipasi dengan menyumbangkan sedikit dana yang akan disalurkan dalam bentuk fasilitas kesehatan, pangan atau biaya perawatan untuk warga tidak mampu atau saudara kita yang tertimpa bencana.

Sumber: pmi.or.id

Siapa yang Dapat Berpartisipasi Dalam Program Ini?

Tak ada batasan yang berlaku. Anda dapat berpartisipasi dalam program ini tanpa peduli usia, pendidikan, atau pekerjaan. Pada berita yang disadur dari Viva.co.id itu pula, Kami juga mendapat info bahwa ada anak dibawah umur yang rela menyisihkan uang saku sebesar Rp.10.000 untuk berpartisipasi dalam program Bulan Dana PMi Gunung Kidul.

bahkan penyumbang terbesar adalah dari sekolah-sekolah dengan jumlah total lebih dari Rp.100.000.000 (total sumbangan Bulan Dana PMI Gunung Kidul Rp.340.452.755). Nah, jika anak kecil dan anak sekolahan saja peduli dengan nasib saudara kita yang kurang mampu, bagaimana dengan Anda? Anda tentu saja tidak mau kalah  dengan anak kecil tersebut, bukan?

Cara Berpartisipasi dalam Bulan Dana PMI

Umumnya cara berpartisipasi dan menyumbangkan dana dalam program sosial ini adalah dengan menyerahkan sejumlah uang pada panitia Bulan Dana di daerah Anda. Sebagai tanda bukti, Anda akan diberikan kupon dengan nominal beragam sesuai jumlah dana yang Anda berikan.

bulan dana PMI

Kupon tanda Anda telah berpartisipasi dalam bulan dana PMI (Sumber gambar: http://humas.patikab.go.id)

Nominal kupon yang tersedia umumnya dari Rp. 1000 hingga Rp.20.000 tergantung kebijakan pemerintah setempat. Kupon-kupon ini didistribusikan di sekolah, wahana hiburan keluarga, institusi swasta bahkan restoran untuk memudahkan mereka yang ingin menjadi donator. Namun belakangan ini, beberapa pemerintah daerah seperti pemerintah Jakarta Timur melarang distribusi kupon pada sekolah-sekolah dan lebih fokus pada sektor swasta dan rekreasi (http://timur.jakarta.go.id).

Donasi via Transfer Bank ke Rekening Resmi PMI

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk mendatangi kantor PMI setempat, Anda dapat mentransfer donasi Anda pada rekening-rekening berikut:

  • Bank BCA Kantor Cabang Utama Thamrin Nomo Rekening : 206-38-1794-5 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.
  • Bank MANDIRI Kantor Cabang Kramat Raya Nomor Rekening : 123-00-17091945 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.
  • Bank DKI Kantor Cabang Utama Juanda Nomor Rekening : 101-03-17094-7 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.

bulan dana pmi

(sumber gambar: http://pmidkijakarta.or.id)

Kelebihan Memelakukan Donasi Pada Bulan Dana PMI Via Transfer

Transaksi Lebih Aman dan Terpercaya

Jika Anda tidak yakin dengan petugas yang mengaku sebagai relawan PMI saat Anda ingin mendonasikan uang Anda, donasi via transfer bank pada rekening diatas bisa menjadi solusi keraguan Anda tersebut.

Donasi Lebih Cepat dan Tanpa Mengenal Waktu

Waktu dan lokasi menjadi batasan lain saat Anda ingin berdonasi. Dengan memanfaatkan fitur Internet atau SMS Banking, Anda dapat berdonasi pada PMI kapan saja, dimana saja. Bahkan saat bukan bulan dana PMI diselenggarakan

Donasi via Transfer Membuktikan Anda Cinta Lingkungan

Ada satu masalah saat donasi dilakukan dengan membeli kupon, nominalnya terbatas. Saat Anda ingin berdonasi dalam jumlah besar, Anda harus membeli kupon dalam jumlah besar pula bukan?

Membeli kupon berbahan kertas bisa menimbulkan dua masalah lingkungan akumulatif.

Pertama kerusakan hutan, karena bahan utama kertas adalah pohon.

Kedua adalah makin banyaknya sampah karena saat Anda membuang kertas kupon tersebut, butuh puluhan tahun untuk menguraikan secara alamiah bahan organik rekalsitran pembentuk kertas tersebut.

Nah, dengan melakukan transaksi via transfer bank, Anda bisa menyelamatkan pepohonan dan hutan sekaligus menjaga kebersihan alam.

Harapan dan Masukan Untuk Pelaksanaan Bulan Dana PMI

Untuk harapan Kami kedepannya, selaras dengan masukan mas Amir Mahmud dalam artikel dengan tema serupa, Ayo Peduli Bantu Sesama, serta penyataan Walikota Bandung Ridwan Kamil (http://www.bedanews.com), hendaknya Bulan Dana PMI ini harus kreatif dan dilengkapi dengan media online, baik aplikasi untuk smartphone atau situs resmi untuk menggalang dana mudah dan praktis untuk menjaring donatur sekaligus memudahkan mereka menyisihkan uang saku yang mereka miliki untuk program ini.

Sistem Informasi Bulan Dana berbasis Website atau Smartphone Application tersebut juga hendaknya dilengkapi dengan sistem akuntansi dan informasi penyaluran dana yang transparan agar penyumbang dana dapat mengetahui serta mengontrol kemanakah dana yang mereka sumbangkan tersalur, sesuai hak -hak donatur yang dicetuskan oleh Yayasan Lembaga Konsumen Indonesi (YLKA, dalam artikel Mengupas Transparansi Penggalangan Dana Publik).

Dengan demikian, selain rasa ingin tahu penyumbang dana akan proses penyaluran dana dapat terpenuhi, program transparansi ini juga meningkatkan kredibilitas program Bulan Dana PMI serta kepercayaan masyarakat pada program ini.

Ide lain yang Kami tawarkan adalah mengadakan kerjasama dengan berbagai aplikasi Instant Messenger seperti BBM dan Line yang memiliki fitur Online Payment untuk memudahkan pengguna IM populer tersebut untuk melakukan donasi.

bulan dana pmi

Stiker Line dengan tema anak-anak kerjasama Line dan UNICEF untuk menggalang dana bagi anak-anak seluruh dunia mendapat kehidupan lebih baik (image courtesy : my-essence.com)

Contoh konkretnya adalah kerjasama Line dan UNICEF (The United Nations Children’s Fund) yang memungkinkan pengguna applikasi komunikasi instant tersebut mengkonversi Line Coins yang mereka miliki dalam bentuk dollar dan mendonasikannya pada UNICEF untuk membantu anak-anak seluruh Dunia.

Selain donasi dalam bentuk Line Coins, UNICEF juga menjual striker lucu bertema sosial dan anak-anak yang seluruh hasil penjualannya digunakan untuk mendanai penyediaan biaya pendidikan, air bersih, fasilitas kesehatan dan pengadaan pangan bernutrisi untuk anak-anak Internasional terutama pada daerah konflik dan negara miskin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *