Cara Memulai Karir Seorang Freelancer Indonesia

1317 views

freelancer indonesia

Freelancer Indonesia – Peminat freelancing atau disebut freelancer belakangan ini menjadi semakin bertambah. Banyak situs marketplace online yang memberikan data jumlah freelancer Indonesia yang kian hari kian meningkat, bahkan Intuit melaporkan secara global masyarakat akan memilih menjadi freelancer daripada pekerja tetap sebelum tahun 2020.

Indonesia telah menunjukkan angka yang signifikan dalam hal ini, seperti yang dikutip dari Metrotvnews.com, Freelancer.com lewat Helma Kusuma (Indonesia County Manager) menyebutkan lebih dari 500.000 freelancer Indonesia sudah terdaftar di situs tersebut. Angka ini diperkirakan akan meningkat seiring prediksi lebih dari 80% korporasi besar berencana secara substansial meningkatkan pencarian freelancer di seluruh dunia.

Anda tertarik untuk menjadi freelancer? Bagi pemula, berikut ini kami sajikan ulasan cara memulai karir sebagai seorang freelancer Indonesia, beserta rintangan-rintangan yang biasa menjadi momok tersendiri di bidang ini.

Tentukan Tujuan Utama Menjadi Freelancer

Freelancing memiliki kelebihan tersendiri, yaitu bekerja sesuai dengan kesanggupan, bekerja tanpa tekanan berat, mengurangi biaya terutama transportasi, mengawasi perkembangan bisnis dengan leluasa dan meningkatkan pendapatan sesuai keinginan. Memulai karir sebagai freelancer Indonesia, Anda akan dihadapkan pada pilihan : Apakah Anda hanya mengisi waktu luang dan menambah penghasilan, atau mendalami keahlian Anda, atau menjadikannya sebagai pekerjaan utama. 3 opsi ini akan menentukan sikap Anda selanjutnya dalam menekuni freelancing.

Modal Utama Freelancer Indonesia : Belajar dan Bekerja Cepat

Freelancing memang salah satu cara termudah bagi seseorang yang ingin memulai bisnisnya sendiri. Namun kendala yang biasa terjadi pada freelancer Indonesia adalah adaptasi dengan proyek baru, project brief, deadline dan timeline. Kedisiplinan mutlak dibutuhkan disini. Jika Anda belajar dan bekerja lambat, maka penghasilan Anda akan lebih sedikit. Pun sebaliknya, jika Anda belajar dan bekerja cepat, maka penghasilan Anda akan lebih besar.

Pengelolaan Waktu Secara Efisien

Ini salah satu rintangan yang menjadi momok seorang freelancer : mengelola waktu. Anda bebas mengerjakan freelancing, sesuai keahlian Anda dan fleksibilitas waktu yang Anda punya. Namun tidak selalu hal ini menguntungkan Anda. Dalam sekali waktu, Anda bisa mengerjakan proyek sekaligus menghabiskan waktu di rumah lebih banyak dengan keluarga, namun di waktu lain Anda harus siap lembur di hari libur sesuai deadline yang ditentukan employer.

Kemampuan mengelola waktu secara efisien wajib dimiliki freelancer Indonesia, jika ingin kesempatan dan kepercayaan dari employers bertahan pada Anda, namun tidak mengurangi quality time Anda bersama keluarga.

Bentuk Sebuah Resume Yang Kredibel dan Reputasi Yang Baik

Sebagai freelancer Indonesia, Anda juga dituntut untuk menunjukkan resume yang kredibel layaknya pekerja tetap. Employer mempertimbangkan kecocokan Anda berdasarkan resume yang dibuat. Cantumkan seberapa profesional Anda dalam bekerja, pengalaman dan tingkat keahlian Anda. Berikan pula contoh hasil kerja Anda sebelumnya, ini akan memberikan nilai plus.

Dalam memberikan jasa freelance, berikan tanggapan yang responsif pada tiap project brief yang diberikan. Ini akan membuat reputasi Anda menjadi lebih baik. Reputasi yang dibangun dengan baik akan mempengaruhi penawaran proyek baru selanjutnya, dan ini tentu akan meningkatkan jumlah pendapatan Anda.

Leave a reply "Cara Memulai Karir Seorang Freelancer Indonesia"