Cara Menata dan Memilih Warna Untuk Ruang Tamu Minimalis

692 views

Yo man

Memiliki rumah minimalis dengan luas ruang yang terbatas harus pintar-pintar memilih furnitur dan ornamen untuk menambah nilai estetika rumah. Probo Hindarto dari Astudio mengatakan prinsip arsitektur modern minimalis sebenarnya mengikuti prinsip arsitektur form follow function atau bentuk mengikuti fungsi. Karena itu, bentuk- bentuk rumah terlihat sederhana dan simpel. Masukan gaya modern dapat dilakukan melalui pemilihan cat interior maupun eksterior, pemilihan furnitur, serta pernik atau aksesori yang dapat menambah nilai estetika rumah minimalis. Tiap ruang hendaknya fungsional, juga memiliki ambience yang mendukung kegiatan di dalamnya . Biasanya sesuai dengan sifatnya, furnitur yang kita gunakan juga simpel, fungsional, dan tidak berornamen atau tidak ada hiasan sama sekali. Sebab, bila menggunakan furnitur berornamen, kesan modern dari desain sebuah ruangan bisa kacau. Anda bisa memilih kursi kayu dengan jok suede berwarna gelap atau sofa berwarna cerah seperti peach, marun, dan krem berukuran besar maupun sedang untuk diletakkan di ruang keluarga. Bentuk lampu gantung ataupun standing lamp modern melengkung juga bisa diaplikasikan untuk mendukung tata desain modern. Pilihan ada di tangan Anda. Namun, pada prinsipnya, untuk sebuah ruangan bergaya modern, pada saat mendesain interior ruangan itu, sering kali kita harus masuk ke dalam ruangan dan merasakan sendiri atmosfer ruangan tersebut. Bila kita terlalu sering berada dalam sebuah ruangan, misalnya, karena kita pemilik rumah tersebut, kita boleh jadi sering kehilangan sense of space seperti bila kita pertama kali masuk ke sebuah tempat. Masih senapas dengan kampanye go green yang berkumandang di penjuru dunia, hendaknya rumah anda memiliki taman.

Jika memiliki sebuah lahan sisa, jangan disia-siakan. Kita bisa segera menanaminya dengan tanaman yang sejuk dan rindang saat ini juga. Bila tanah di sekitar rumah tidak ada lagi yang bisa digunakan sebagai taman, kita bisa menggunakan potpot tanaman yang digantungkan atau diletakkan di mana saja. Bahkan kita bisa meletakkan pot kecil berisi tanaman di meja kerja rumah atau pojok ruang tamu . Apakah Anda merasa seperti warna yang tersedia terlalu banyak pilihan sehingga membuat bingung? dan Anda tidak dapat memutuskan warna apa yang cocok untuk desain interior rumah anda?  Apakah Anda memiliki warna dalam bayangan pikiran anda, tetapi tidak yakin apakah warna itu akan pas pada saat diaplikasikan pada ruangan? Atau apakah Anda frustasi karena warna-warna di lembaran contoh warna yang telah anda cocokan, terlihat berbeda dari warna yang berakhir di dinding Anda? Disini saya akan membantu Anda mengambil beberapa langkah untuk menemukan warna cat yang sempurna bagi desain interior rumah Anda.

Berikut adalah beberapa langkah sederhana yang membuat proses pemilihan warna lebih mudah dan menyenangkan ;

1. Mulailah dengan warna-warna yang ada sukai. Jika anda bingung warna apa yang menjadi kesukaan anda, satu cara yang mudah ambilah majalah favorit Anda dan tarik keluar halaman gambar dan sampul majalah dengan warna yang menarik bagi Anda. Fokus pada kesan pertama yang anda sukai pada gambar-gambar warna tersebut, kumpulkan dan ambil keputusan tanpa harus berpikir lagi, Anda akan punya waktu untuk mengevaluasi pilihan Anda nanti.

2.  Setelah Anda memiliki setumpuk gambar dari majalah tersebut, coba perhatikan apakah ada warna-warna yang mirip yang anda pilih. Apakah ada banyak warna-warna cerah? Kebanyakan netral? Biru yang sejuk dan hijau muda? Anda mungkin akan menemukan beberapa gambar rumah sederhana minimalis dari majalah tersebut memiliki gaya dan warna yang serupa dengan warna ruangan. Gambar tersebut bukan hanya mengungkapkan warna yang Anda suka, tetapi juga dapat memberikan petunjuk terhadap suasana hati yang anda terhadap warna-warna tersebut. Terapkan warna tersebut pada interior rumah anda. Jangan lupa, sesuaikan kombinasi warna tersebut dengan furniture, gorden, karpet, lantai dan hiasan aksesori pada ruangan anda.

3.  Mengenal sifat warna. Warna lembut seperti hijau muda, biru muda dan krem, dapat memberikan ketenangan dan mengurangi kesan aktif dan ceria. Warna-warna yang berkesan hangat seperti kuning, orange, merah dan warna-warna pastel memberikan nuansa yang aktif dan bersemangat , biasanya diterapkan pada kamar anak-anak yang cenderung aktif dan ceria. Warna gelap, seperti hitam, abu-abu tua atau hijau tua dapat memberikan kesan ruangan sempit dan menekan, warna-warna ini dapat membuat depresi penghuninya, karena warna gelap membuat pantulan suram pada bola mata yang melihatnya, dan diserap secara negatif oleh otak manusia, sehingga dapat menimbulkan depresi.

Ruang tamu adalah cerminan dari seluruh ruangan yang ada pada rumah kamu. Ruangan tersebut adalah ruangan penyambut dimana setiap orang yang mengunjungi rumah kamu, ruangan yang akan dilihat pertama kali adalah ruangan kamu. Maka dengan demikian harus menata ruang tamu kamu semenarik, seindah dan senyaman mungkin. Tetapi terkadang sebagian orang bingung bagaimana harus melakukannya. Inilah beberapa tips menata ruang tamu minimalis yang bisa kamu lakukan: Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu menyesuaikan ukuran ruang tamu kamu. Hal ini merupakan hal yang mendasar dari tips menata ruang tamu minialis yang bisa kamu lakukan. Dengan menyesuaikan ukuran ruangan tamu kamu, kamu kemudian bisa menentukan gaya seperti apa yang bisa kamu aplikasikan untuk ruang tamu kamu. Contohnya, untuk ruang tamu yang memiliki ukuran kecil kamu bisa memilih konsep ruang tamu klasik yang memang sangat cocok untuk diaplikasikan di ruangan yang mini. Tetapi jika ruang tamu kamu cukup besar, kamu bisa mengaplikasikan gaya etnik sehingga ruangan tamu kamu bisa menimbulkan kesan klasik yang elegan dan mewah.

Selanjutnya kombinasikan beberapa warna. Dalam hal ini dibutuhkan kemahiran kamu dalam hal memadupadankan warna agar ruangan tamu kamu nampak indah dan cemerlang. Warna-warna dasar seperti, putih, krem, kuning gading, turquoise atau kuning lime. Warna-warna tersebut sangat mudah untuk dikombinasikan dengan berbagai warna lainnya. Terlebih warna-warna tersebut bisa menimbulkan kesan luas pada ruang tamu yang cenderung mungil. Tahap selanjutnya untuk menata ruang tamu minimalis yaitu kamu pilih furniture rumah yang tepat. Furniture adalah elemen yang sangat penting dalam menentukan keindahan rumah keluarga kamu. Oleh sebab itu pilihlah furniture yang memang cocok dengan konsep atau gaya ruang tamu yang kamu usung dan jangan lupa untuk tetap menyesuaikan ukuran ruang tamu kamu dengan furniture yang hendak kamu aplikasikan pada ruang tamu kamu. Contohnya saja ruang tamu yang memiliki luas yang agak besar kamu bisa mengaplikasikan furniture-furniture berukuran sedang berwarna klasik seperti, coklat atau krem yang dipenuhi dengan ukiran yang terbuat dari bahan dasar kayu dan untuk ruang tamu minimalis kamu, kamu bisa mengaplikasikan furniture berbahan dasar metal yang sedikit ramping, sederhana dan memiliki bentuk yang tegas. Hal tersebut akan menimbulkan kesan luas pada ruang tamu minimalis kamu. Kemudian tahap menata ruang tamu minimalis yang terakhir pada kesempatan kali kali ini yaitu menonjolkan salah satu dinding sebagai pusat dari seluruh isi ruangan yang ada di dalam rumah. Dalam mendekorasi ruang tamu minimalis kamu, pilihlah satu sisi dinding yang bisa kamu jadikan sebagai pusat penarik perhatian dari seluruh bagian yang ada di dalam ruang rumah kamu.

Pilihlah dinding yang memiliki sudut pandang yang baik. Di dinding tersebut kamu bisa mendekorasinya dengan menambahkan aksesoris-aksesoris cantik yang mungil ataupun kamu bisa mengaplikasikan furniture rumah seperti, rak buku dimana kamu bisa menyimpan buku-buku kesayanganmu, sekaligus memberikan kesan klasik pada setiap orang yang berada di ruang tamu tersebut. Menata ruang tamu minimalis memang terlihat mudah tetapi sulit untuk dipraktekan. Dengan tips menata ruang tamu minimalis yang saya sajikan, semoga kamu bisa menggali sisi kreativitas kamu lebih dalam dan menjadikan ruang tamu minimalis kamu sang primadona dari ruangan lain yang ada di dalam rumah kamu.

Sekian ulasan tentang Cara Menata Dan Memilih Warna Untuk Ruang Tamu Minimalis dari saya , semoga bermanfaat .

  1. author

    Small SEO Tools1 year ago

    Memiliki ruang tamu yang indah dan terlihat rapih tentu saja menjadikan terlihat lebih elegan dan juga nyaman.

    Reply

Leave a reply "Cara Menata dan Memilih Warna Untuk Ruang Tamu Minimalis"