Cara Menghemat Baterai Smartphone

655 views

Baterai Handphone

Teknologi yang semakin canggih pada masa ini membuat semua orang tak mau ketinggalan memiliki salah satu teknologi canggih. Salah teknologi yang mungkin sebelumnya tak pernah terbayangkan adalah smartphone. Smartphone merupakan ponsel yang menyediakan segala hal yang kita butuhkan dri mulai kita dapat dengan mudah mengakses situs yang kita butuhkan, mendownload lagu atau video bahkan kita bisa melakukan video call lewat ponsel pintar. Memang namanya ponsel pintar tapi tak selamanya ponsel ini bekerja secara smart, salah satunya masalah daya baterai, karena banyaknya aplikasi dalam sebuah smartphone. Aplikasi yang terlalu banyak dalam sebuah smartphone membuat daya baterai tidak bisa bertahan lama, bahkan tak jarang baru 30 menit menyala tapi sudah habis lagi daya baterainya. Untuk menyiasati agar daya baterai pada smartphone anda tidak habis maka cobalah terapkan hal ini pada smartphone anda.

  1. Matikan Hp Ketika Mengisi Baterai

Salah satu cara untuk menghemat daya baterai smartphone anda adalah dengan mematikan ponsel ketika sedang mengisi daya baterai. hal tersebut dapat membuat baterai pada ponsel anda lebih tahan lama dan pengisian pun akan lebih cepat. Selain itu juga dengan mematikan hp ketika mengisi baterai menghindari ponsel anda tidak panas yang dapt menyebabkan kerusakan. Baterai akan tahan lama karena mematikan ponsel adalah karena semua aplikasi yang terdapat di dalam ponsel tidak jalan.

  1. Tutup Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Selanjutnya cara yang dapat anda lakukan agar daya baterai anda hemat adalah tutup semua aplikasi yang tidak terpakai. Jika semua aplikasi dibiarkan terbuka maka daya baterai anda akan cepat habis. Anda juga harus menutup aplikasi yang berada di belakang layar. Cara menutup aplikasi tersebut, tekan yang lama tombol home kemudian hapus aplikasi tersebut. Selain membuat daya baterai anda tidak akan cepat habis, dengna menutup aplikasi yang tidak diperlukan akan membuat memori RAM  tidak berjalan terlalu berat.

  1. Atur Kecerahan Cahaya Pada Layar

Jika anda ingin menhemat daya baterai pada smartphone anda maka anda jangan membiarkan cahaya pada layar ponsel terlalu terang karena hal ini membuat daya baterai anda cepat habis. Aturlah kecerahan cahaya pada layar anda ketingkat yang sangat rendah. Anda bisa meningkatkan kecerahan cahaya anda lebih tinggi apabila anda berada diluar ruangan dan jika sudah di dalam ruangan atur kembali kecerahan cahaya menjadi ketingkat lebih rendah.

  1. Matikan Koneksi Internet

Cara lainnya untuk menghemat daya baterai smartphone anda adalah dengan mematikan koneksi internet. Anda dapat mematikan koneksi internet pada baterai anda. Tetapi anda jangan salah paham dulu, anda matikan koneksi internet apabila daya baterai anda sudah benar-benar habis dan anda tidak bisa menemukan colokan ataupun anda lupa membawa charger dan power bank. Koneksi Internet yang dibiarkan terus menyala dapat membuat aplikasi terus berjalan dan membuat daya baterai smartphone menjadi cepat habis. Seperti yang kita tahu bahwa aplikasi pada ponsel pintar banyak yang membutuhkan koneksi internet.

Baca Juga : Keunggulan Acer Liquid Z320

  1. Taruh Ponsel Pintar anda Di Tempat Sejuk

Ponsel yang panas dapat membuat daya baterai anda cepat habis maka dari itu jangan pernah menaruh ponsel anda ke tempat tempat yang dapat membuat ponsel anda  panas seperti barang-barang elektronik lainnya. barang-barang elektronik tersebut seperti laptop, CPU pada computer, TV, penanak nasi dan kulkas. Jangan pernah menaruh ponsel pada barang elektronik tersebut agar daya baterai ponsel anda tahan lama.