Gangguan Pencernaan & 3 Prinsip Untuk Menjaga Kesehatan

Kehebatan Bakteri Lactobacillus Rhamnosus Melindungi Si Kecil

Sistem pencernaan anak yang sehat akan mempengaruhi kesehatan dan kecerdasan anak. Pada saat saluran pencernaan anak sehat maka akan dapat memporses nutrisi dengan sempurna, dan kesehatan pencernaan mempengaruhi kecerdasan anak dan juga tumbuh kembangnya. Selain itu saluran pencernaan yang baik akan berperan didalam penyerapan nutrisi yang akan berguna bagi perkembangan kecerdasan atau IQ. Meski sebagian besar anak saluran pencernaannya mampu menyerap nutrisi dengan sempura tetapi adanya beberapa anak yang saluran pencernaannya itu mengalami gangguan.

Salah satu penyebab anak mengalami gangguan pencernaan adalah karena bakteri. Tetapi yang perlu diingat adalah tidak semua bakteri itu buruk dan jahat, karena adanya bakteri baik yang disebut dengan probiotik. Probiotik merupakan mikroorganisme yang akan memberikan efek positif bagi kesehatan dengan cara mengatur keseimbangan flora yang ada didalam usus atau disaluran pencernaan. Bakteri lactobacillus  ini jika dikonsumsi maka akan berkembang biak didalam usus sehingga akan memberikan dampak yang positif bagi kesehatan pencernaan.

Berikut 2 jenis gangguan saluran pencernaan yang sering dialami anak yaitu :

  1. Malabsorbsi

Kondisi ini terjadi pada saat tubuh anak tidak mampu menyerap nutrisi dari saluran cerna untuk dibawa kedalam aliran darah lalu disebarkan ke sel sel tubuh. Hal ini biasanya terjadi karena dinding usus mengalami perubahan sehingga nutrisi tidak akan mampu untuk melewatinya. Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan dinding usus seperti infeksi virus, bakteri, atau parasite. Malabsorbsi ini biasanya akan terjadi selama 1 hingga 2 hari.

  1. Konstipasi

Konstipasi atau susah buang air besar juga sering dialami anak, dan biasanya anak akan mengalaminya pada saat dirinya telah mengkonsumsi makanan yang lebih padat sebelumnya. Kondisi ini ditandai dengan keluarnya tinja yang keras.

Lalu apa yang harus dilakukan orangtua untuk menjaga kesehatan saluran cerna anaknya? Ada 3 prinsip yang harus dilakukan orang tua untuk menjaga kesehatan saluran cerna anaknya diantaranya yaitu :

  1. Dengan Mengkonsumsi Cukup Serat

Peranan serat didalam proses pencernaan didalam usus sangatlah penting. Oleh karena itu ketika anak mulai memasuki usia 1 hingga 3 tahun maka asupan serat yang disarankan untuk dikonsumsinya adalah sebanyak 19 gram per hari. Kemudian tingkatkan asupan seratnya menjadi 25 gram serat per hari ketika anak berusia 4 hingga 8 tahun.

  1. Dengan Mengkonsumsi Cairan Yang Cukup

Yang tidak kalah penting supaya saluran pencernaan anak selalu sehat adalah dengan memberikan cairan yang cukup. Sebaiknya anak mengutamakan untuk mengkonsumsi air putih. Dan susu dijadikan sebagai salah satu sumber nutrisi tambahan, dan batasi anak didalam mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis.

  1. Kegiatan Fisik Yang Aktif

Sistem pencernaan yang sehat juga akan dipengaruhi oleh kegiatan fisik yang aktif. Dengan melakukan kegiatan fisik yang aktif maka akan menstimulasi proses pencernaan supaya lebih baik. Sebaiknya anak diingatkan untuk buang air besar secara teratur, karena jika anak menahan buang air besar maka akan dapat memicu terjadinya sakit perut hingga konstipasi.

Itulah jenis gangguan pencernaan & 3 prinsip untuk menjaga kesehatan pencernaan anak. Selain itu orangtua juga perlu mengetahui kandungan nutrisi susu formula dan manfaatnya. Sekarang ini susu formula hadir dengan banyak ragam dan merek dengan kandungan yang berbeda beda pula. Selalu berikan anak asupan nutrisi yang seimbang supaya sehat pencernaannya sehingga akan dapat mendukung tumbuh kembangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *