Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Wawancara Kerja

799 views

OMG

Melamar kerja merupakan hal yang merepotkan dan tak jarang membuat pelamar kerja lelah. Hal ini dikarenakan sistem tes kerja yang banyak dan belum lagi saingan yang tak sedikit. Banyaknya angka pengangguran terkadang tak sebanding dengan lapangan pekerjaan yang ada. Maka dari itu angka pengangguran di Indonesia semakin meningkat. Perusahaan yang mempunyai sistem perekrutan dalam beberapa tes juga terkadang membuat angka pengangguran semakin meningkat karena tak jarang membuat pelamar kerja harus merogeh kocek untuk bekerja di tempat tersebut. Tetapi tidak semua perusahaan menerapkan sistem seperti itu. Banyak juga perusahaan yang menerapkan sistem dan tahapan yang baik dalam perekrutan. Salah satu tahapan yang tak pernah lepas dalam perekrutan adalah wawancara kerja. Wawancara kerja terkadang menjadi hal yang paling membuat pelamar kerja tegang. Berikut ada beberapa hal yang anda harus perhatikan agar wawancara kerja lancar.

  • Jangan Menjawab Pertanyaan Terlalu Singkat

Wawancara kerja merupakan kesempatan yang harus anda gunakan sebaik-baiknya karena para pewawancara akan sangat melihat bagaimana anda berperilaku. Jika anda dibanjiri beberapa pertanyaan oleh pewawancara maka jawaban yang anda berikan jangan terlalu singkat. Usahakan untuk memberi jawaban dengan penjelasan yang jelas dan lugas. Jika perlu anda dapat memberikan contoh terhadap penjelasan anda. jangan pernah hanya menjawab dengan ya atau tidak walaupun pertanyaannya hanya membutuhkan jawaban tersebut.

Baca Juga : Cara Mudah Menghilangkan Noda Pakaian

  • Jangan Terlihat Putus Asa Dan Angkuh

Ketika anda sedang melakukan wawancara kerja maka ada baiknya anda tidak bersikap terlalu angkuh atau merasa paling hebat. Jika anda lulusan terbaik dari universitas anda atau anda punya nilai indek kompetisi yang tinggi maka tetap usahakan bersikap sopan. Anda jangan seolah-olah tidak terlalu butuh pekerjaan tersebut atau anda jangan seolah-olah akan menerima pekerjaan lain. Hal itu karena bukan hanya anda saja yang melamar pekerjaan. Kemudian anda juga tidak boleh terlihat putus asa dengan menjawab seadanya dan dengan volume suara yang terlalu kecil. Jika anda seperti itu maka pewawancara kerja akan mengira anda bukan orang yang semangat dalam bekerja dan cenderung tak percaya diri.

  • Jangan Berbicara Soal Gaji Atau Tunjangan

Saat pewawancara kerja terlihat senang dengan anda atau memuji pengalaman anda, anda jangan langsung besar kepala. Hal itu karena belum tentu anda sudah pasti diterima. Apalagi jika anda berani menanyakan soal gaji atau tunjangan yang ada di perusahaan. Jika pewawancara kerja belum memulai permbicaraan soal gaji, maka anda jangan mneyinggungnya terlebih dahulu. Biasanya pada wawancara pertama, pewawancara kerja akan lebih berfokus pada diri anda dan mengenal anda lebih jauh. Apabila anda dipanggil lagi barulah pewawancara kerja biasanya akan membicarakan soal kontrak dan kesepakatan mengenai gaji dan fasilitas yang diinginkan.

Tags: #Angkuh #Berbicara Soal Gaji #Putus Asa

Leave a reply "Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Wawancara Kerja"