Hindari Makanan Penyebab Darah Tinggi Berikut

715 views

Makanan

Darah tinggi merupakan penyakit salah satu penyakit yang berbahaya yang terjadi karena tekanan dara yang tinggi. Hipertensi atau darah tinggi adalah penyakit yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya lainnya muncul seperti serangan jantung atau stroke. Ada banyak pemicu yang menyebabkan tekanan darah tinggi. Tekanan stress merupakan salah satu penyebab yang memicu dara menjadi naik. Terlalu banyak gal yang dipikirkan membuat darah tinggi dapat muncul. Selain itu juga hal yang paling sering memicu darah tinggi adalah pola hidup yang salah. Asupan makanan yang tak terkontrol yang dapat menyebabkan darah tinggi. Nah untuk menghindari tekanan darah menjadi tinggi, hindarilah makanan-makan penyebab darah tinggi berikut ini:

  1. Mie Instan

Makanan instan satu ini sudah tak asing lagi bagi kita.  Mie instan bahkan sering menjadi favorit sejumlah orang karena rasanya yang gurih dan lezat. Namun dibalik kelezatannya, mie instan jika dikonsumsi terlalu sering maka akan sangat membahayakan kondisi tubuh. Bahan pengawet dan msg yang terdapat di dalam bumbu mie instan dapat membuat tekanan darah tinggi karena kandungan sodium yang tinggi di dalam bumbu.  Dan mie instan jika sudah masuk ke dalam tubuh, butuh waktu yang sangat lama untuk dicerna oleh usus. Maka dari itu jangan lah makan mie instan terlalu sering, anjuran dokter pun makanla mie instan 3 bulan sekali.

  1. Garam

Salah satu zat yang memang harus dihindari agar tekanan darah tidak tinggi adalah sodium. Zat sodium sendiri adalah zat yang sering digunakan dalam membuat berbagai jenis olahan karena zat ini paling banyak didapat dari garam. Garam banyak mengandung kandungan sodium. Selain itu juga makanan cepat saji atau makanan dalam kemasan juga banyak mengandung sodium. Maka dari itu kita harus banyak menghindari makanan cepat saji. Menurut penelitian untuk menghindari tekanan darah tinggi, asupan sodium yang dikonsumsi tidak lebih dari 1500 milligram/hari. Oleh karenanya lebih baik perbanyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan sebagai asupan sehari-hari kita.

  1. Kulit Ayam

Makanan selanjutnya yang harus dihindari bagi anda penderita darah tinggi adalah kulit ayam. Kulit ayam yang sering dijadikan berbagai olahan makanan baik makanan berat atau ringan harus dihindari bagi anda yang menderita darah tinggi. Hal tersebut disebabkan karena kulit ayam banyak mengandung minyak jenuh yang sangat berbahaya bagi tekanan darah tinggi. Usahakanlah untuk menghindari kulit ayam jika anda tidak ingin tekanan darah anda tinggi karena kandungan minyak jenuh yang sangat membahayakan bahkan dapat menyebabkan serangan jantung apabila terlalu banyak masuk ke tubuh.

  1. Makanan atau Minuman Yang Mengandung Gula

Berbagai jenis makanan atau minuman yang mengandung gula sepertu kue bolu, permen atau minuman manis harus anda hindari agar tekanan darah tidak tinggi. Memang biasanya makanan atau minuman yang mengandung gula lebih sering dikaitkan dengan penyebab obesitas atau kegemukan yang berlebihan. dan penelitian membuktikan bahwa orang yang terlalu gemuk atau obesitas lebih rentan terkena tekanan darah tinggi atau hipertensi. Maka dari itu hindarilah makanan atau minuman yang manis, usahakan untuk mengonsumsi manis yang terdapat dalam buah.

  1. Daging Olahan Dan Daging Merah

Banyak orang yang mengatakan bahwa hindari daging kambing jika anda mempunyai hipertensi. Tetapi ternyata bukan hanya daging kambing saja, segala macam daging merah dari sapi dan domba pun dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Selain itu juga dagin olahan atau dagin yang sudah dalam kemasan seperti kornet, sosis, dendeng dan segala macam jenis daging yang diolah dalam kemasan atau kaleng juga sebaiknya dihindari. Hal ini karena daging olahan banyak mengandung natrium atau sodium yang sangat membahayakan bagi tekanan darah.

Leave a reply "Hindari Makanan Penyebab Darah Tinggi Berikut"