HP Bekas Online Berkualitas Bisa Dibeli dengan Tips Berikut!

Toko online menjadi salah satu tujuan bagi sebagian orang yang ingin berbelanja termasuk untuk membeli hp bekas . Ponsel second tersebut dijual dengan harga yang beragam tergantung dari kondisi dari ponsel tersebut. Jika kondisinya parah, akan dijual dengan harga yang murah. Namun, membeli hp second di online shop menjadi ketakutan tersendiri bagi sebagian besar orang disebabkan akan mendapatkan ponsel yang tidak sebanding dengan harganya atau yang tidak sesuai dengan deskripsi yang pernah diberikan.

Ada beberapa tips yang bisa membantu Anda. Pertama adalah dengan membelinya di toko online terpercaya. Hal ini wajib untuk dilakukan agar tidak tertipu oleh penjual dan Anda mengalami kerugian yang besar. Anda bisa melihat apakah online shop tersebut aman untuk diakses atau tidak. Jika aman, maka akan ada tanda gembok yang berwarna hijau yang ada di samping dari alamat website dari toko tersebut. Hindari jika toko tersebut memiliki tanda gembok yang berwarna merah karena hal tersebut menunjukkan jika toko itu tidak aman.

Kedua adalah membeli dengan sistem COD. Saat ini sudah banyak online shop yang menyediakan fitur pembayaran COD. Cash on delivery ini bisa meminimalisir penipuan yang dilakukan oleh online shop. Jika Anda melakukan COD, misalnya bertemu dengan penjualnya langsung, hindari untuk melakukan COD seorang diri. Ajak teman Anda, setidaknya yang tahu mengenai ponsel misalnya bagaimana ponsel yang rusak sehingga ketika nantinya Anda menemukan hal yang dirasa janggal, Anda bisa langsung menawar atau bahkan tidak jadi membeli.

Ketiga adalah cari penjual yang tepat. Ada banyak penjual hp  bekas yang akan bisa Anda temukan jika Anda membelinya di marketplace. Untuk menghindari penipuan Anda bisa memilih penjual yang tepat misalnya yang memiliki feedback yang paling banyak. Anda juga bisa melihat bagaimana penilaian dari orang yang pernah membeli di penjual yang ada di online shop tersebut. Anda bisa bertanya-tanya terlebih dahulu lewat fitur chat yang biasanya disediakan oleh online shop tersebut sehingga bisa membantu Anda untuk menentukan apakah akan membeli ponsel bekas tersebut atau tidak.

Keempat adalah cek kondisi fisiknya. Saat Anda membeli ponsel bekas secara online, pastikan jika Anda membeli ponsel dengan foto yang nyata, bukan foto yang diambil dari situs pencarian. Sebab, jika foto tersebut diambil secara pribadi oleh orang tersebut, maka Anda bisa mengecek ataupun menilainya apakah kondisi fisik dari ponsel tersebut bagus atau banyak terjadi kecacatan misalnya retak ataupun body sudah tidak mulus.

Tips lainnya untuk memilih hp bekas di toko online , adalah:

  • Jangan lupa untuk melihat harga pasar dari ponsel bekas agar nantinya bisa Anda jadikan pedoman untuk menentukan apakah ponsel tersebut terlalu mahal atau justru terlalu murah. Takutnya, jika terlalu murah bisa saja ponsel tersebut adalah barang curian.
  • Perhatikan deskripsi yang diberikan oleh penjual. Walaupun Anda sudah melihat bentuk fisik lewat foto yang dipasang penjual namun hal tersebut tidak bisa membuat Anda tahu kondisi asli dari hp tersebut. Untuk mengetahuinya, maka pilih penjual yang menuliskan deskripsi dengan jelas. Langsung tinggalkan saja jika penjual tersebut hanya menuliskan ‘produk masih ok dan mulus’.
  • Cek kelengkapannya. Apakah ponsel bekas yang dijual tersebut masih dilengkapi dengan aksesoris bawaan saat ponsel tersebut masih baru atau tidak. Kelengkapan bisa berupa charger, headset ataupun kartu garansi.

Leave a reply "HP Bekas Online Berkualitas Bisa Dibeli dengan Tips Berikut!"