Inilah 3 Kesalahan Fatal Dalam Membuat Foto Long Exposure

99 views

Tak menutup kemungkinan bahwa foto long exposure kerap menciptakan hasil gambar yang menakjubkan, serta keunikan dari gambar yang terekspose tampak terlihat lembut. Akan tetapi, ada saja sebagian orang yang membuat kesalahan umum yang justeru berakibat fatal. Tentu saja kesalahan-kesalahan tersebut, akan membuat foto long exposure-nya berantakan. Untuk mengantisipasi hal-hal yang demikian, berikut dibawah ini ada 3 kesalahan fatal dalam membuat foto long exposure :

  1. Lupa Membawa Tripod

Image Stavilizer atau yang biasa kita sebut dengan nama VR, berfungsi untuk meminimalisir efek blur. Saat kita tidak menggunakan tripod, justeru hal inilah yang sangat mengganggu dalam menciptakan foto long exposure. Sedari itu kita harus selalu sedia tripod, agar kameranya tidak goyang.

  1. Lupa Tidak Menggunakan Filter GND

Kesalahan fatal yang kedua dalam membuat foto long exposure yakni, lupa tidak menggunakan filter GND. Benda yang satu ini memiliki peranan penting, saat kita mengambil foto long exposure. Pasalnya, filter GND berfungsi ini untuk menyeimbangkan cahaya yang terlalu berlebihan. Namun sayang, banyak diantara kita yang tidak menggunakan filter GND dengan alasan harganya yang mahal.

  1. Lupa Tidak Mengatur ISO

Meskipun kesalahan yang satu ini jarang terjadi, namun tidak menutup kemungkinan juga bahwa kita akan mengalaminya. ISO tingkat rendah berfungsi untuk mengurangi efek cahaya yang berlebihan, sedangkan ISO pada tingkat 50-200 biasanya akan diklaborasikan dengan pembuka aperture minim dan shutter speed yang lamban.

Itulah 3 kesalahan fatal dalam membuat foto long exposure, yang harus kita antisipasi. Nah bagi anda yang hendak mengambil foto long exposure dengan kamera ponsel, berikut dibawah ini ada tips foto long exposure dengan smartphone yang patut anda coba :

  1. Untuk menciptakan foto long exposure dengan smartphone, anda harus meng-download aplikasi kamera yang bernama FV-5 di ponsel pintar kemudian install.
  2. Buka aplikasi kamera FV-5 lalu masuk ke menu pilihan P/S, dan anda harus memilih S.
  3. Selanjutnya pilih mode Long, agar hasil foto long exposurenya jauh lebih bagus.
  4. Jika sudah masuk mode Long, atur ISO dengan cara menurunkan angkanya menjadi 100-125, serta atur shutter speed selama 1 – 5 detik.
  5. Ubahlah mode fokus menjadi infinity.
  6. Tripod adalah benda yang wajib ada dalam membuat foto long exposure.

Itulah tips-tipsnya yang perlu anda coba sendiri.

Leave a reply "Inilah 3 Kesalahan Fatal Dalam Membuat Foto Long Exposure"