Kenali Beberapa Tanda Kolesterol Tinggi Dalam Tubuh

580 views

JANTUNG SEHAT

Kolesterol merupakan senyawa lemak komplek yang diproduksi oleh hati, yakni sebanyak 80 persen dari kolesterol total serta 20 persen dari makanan. Kolesterol sendiri sebenarnya diperlukan dalam metabolisme dalam tubuh, kolesterol dibutuhkan untuk bahan pembentuk dinding sel, untuk membuat vitamin D, membuat asam empedu hingga pembuatan hormon seks. Namun kadar kolesterol yang tinggi akan menimbulkan timbunan plak yang bisa menghambat aliran darah yang akan mengakibatkan stroke hingga serangan jantung. Lantas apa saja tanda-tanda kolesterol dalam tubuh meningkat? Simak ulasan singkat mengenai tanda kolesterol tinggi dalam tubuh berikut ini.

Baca juga :Perawatan tubuh dari masa kemasa

Beberapa tanda kolesterol tinggi dalam tubuh

Salah satu tanda kolesterol tinggi dalam tubuh adalah jantung terasa sakit dan mengalami berdebar-debar atau palpitasi. Meningkatnya kadar kolesterol dalam darah akan menghambat sirkulasi darah yang terjadi akibat penyempitan pada pembuluh darah. Kondisi tersebut akan memberikan suatu sinyal yang diberikan kepada jantung untuk mempercepat dan lebih keras dalam memompa darah supaya bisa mengalir dengan normal. Tanda jika kolesterol tinggi yang lainnya adalah sering sakit kepala akibat adanya peningkatan kadar kolesterol yang mengakibatkan mengerasnya pembuluh darah atau arteriosklerosis. Hal tersebut mengakibatkan aliran darah yang menuju ke otak menjadi terhambat.

Tanda kolesterol tinggi dalam tubuh yang lainnya adalah nyeri pada kaki. Klaudikasio atau nyeri pada kaki merupakan gejala umum bagi penderita kolesterol tinggi. Timbulnya rasa yang sama sekali tak nyaman pada bagian kaki tersebut ditimbulkan akibat tersumbatnya arteri pembuluh darah. Rasa sakit yang biasa menyebar pada sekujur kaki misalnya pada betis, bokong serta paha. Rasa sakit tersebut akan hilang dengan sendirinya jika tak digunakan untuk bergerak akan tetapi muncul kembali pada saat kaki digunakan pada waktu yang cukup lama.

Selain itu, tanda kolesterol tinggi dalam tubuh yang lainnya adalah cepat merasa mengantuk. Hal tersebut disebabkan karena tingginya kadar kolesterol dalam tubuh yang akan mengakibatkan penyempitan pembuluh darah dan bahkan terkadang menutup pembuluh darah sehingga aliran darah yang menghantarkan oksigen ke otak menjadi terhambat dan akibatnya membuat seseorang merasa mengantuk. Untuk itu apabila anda mengalami apa yang disebut dengan3L, yakni lemah letihlesu maka tak ada salahnya untuk melakukan pengecekkan kadar kolesterol dalam tubuh anda.

Tanda kolesterol tinggi dalam tubuh yang lain adalah mudah lelah. Orang yang mengalami kolesterol tinggi sistem vital tubuhnya terganggu sehingga menjadikan orang tersebut mudah lelah. Jika anda sering terbangun dari tidur dan mengalami badan yang terasa sangat capek dan jika anda berusia lebih dari 30 tahun dan sering merasakan gejala tersebut maka sudah sepatutnya bagi anda untuk segera melakukan pemeriksaan kesehatan demi memastikan kadar kolesterol pada tubuh.

Leave a reply "Kenali Beberapa Tanda Kolesterol Tinggi Dalam Tubuh"