Kenali Jenis Lantai Kayu Yang Ingin Digunakan

423 views

Gangnam

Sama halnya dengan memilih jenis kusen pintu dan jendela, memilih jenis lantai kayu yang ingin digunakan juga harus teliti. Selain untuk mendapatkan kesan nyaman yang diharapkan, setiap jemis kayu memiliki daya tahan yang berbeda-beda tergantung dari jenis kayu yang akan digunakan. Untuk itu penting bagi Anda untuk mengenal jenis lantai kayu yang ingin dipasangkan pada ruangan rumah tinggal yang dimiliki.

Parket atau lantai kayu yang dipasang terdiri dari berbagai macam jenis kayu, berikut uraian jenis-jenis kayu yang dapat dipertimbangkan antara lain :

  • Kayu Solid Jati

Dinamakan jenis kayu solid jati karena memang benar- benar utuh kayu dari jenis jati. Umumnya harga yang ditawarkan bergantung dari ukuran panjang yang akan digunakan. Untuk ukuran besar panjang 30 cm, lebar 5 cm dan tebal 1,2 cm harganya berkisar Rp 220,000 untuk per meter perseginya. Sedangkan untuk yang panjang 20 cm dengan tebal dan lebar yang sama harganya berkisar Rp 185,000 per meter perseginya. Harga tersebut adalah untuk jenis kayu jati grade A, sedangkan untuk yang Grade B sedikit lebih murah dan untuk jati kw 2 lebih murah lagi dari grade B. Yang membedakan terlihat dari urat pada kayu jati tersebut.

  • Kayu Solid Merbau

Jenis kayu ini memiliki serat sedikit kasar dari kayu jati, dan harganya pun lebih murah dari kayu jati. Sebagai perbandingan saja untuk untuk ukuran kayu merbau panjang 30 cm, lebar 6 cm dan tebal 1 cm yang harganya dikisaran Rp 170,000. Sedangkan untuk ukuran yang lebih panjang dan kombinasi mulai dari 35-120 cm harganya dikisaran Rp 340,000 lebih tinggi namun lebih panjang ukurannya.

  • Kayu ulin Kalimantan

Harga lantai kayu jenis ini memang cukup mahal harganya dan terbatas ketersediaannya. Oleh karena itu bagi yang ingin menggunakannya harus siap dengan anggaran yang cukup tinggi. Akan tetapi daya tahan kayu ini cukup lama sehingga sepadan dengan harganya. Untuk ukuran dengan panjang 180-400cm harganya dikisaran Rp 970,000 cukup tinggi namun menghemat waktu pemasangan sehingga lebih cepat terpasang.

Nah dari beberapa jenis kayu yang dapat digunakan untuk pemasangan lantai tersebut, maka dapat dipilih jenis kayu yang dirasa tepat sesuai dengan anggaran yang dimiliki. Jika memang prioritas adalah daya tahan dari kayu tersebut maka biaya tidak akan menjadi masalah. Oleh karenanya jangan hanya sekedar memiliki lantai kayu, namun pertimbangkan juga daya tahan dari kayu yang akan digunakan sebagai lantai.

Leave a reply "Kenali Jenis Lantai Kayu Yang Ingin Digunakan"