Kerugian Membuat Surat Izin Mengemudi Melalui Calo

182 views


Sudah jadi rahasia umum dalam berbagai berita otomotif terbaru kalau sudah berurusan dengan administrasi di kepolisian, calo ada di mana-mana. Entah itu bayar pajak kendaraan bermotor, balik nama, hingga buat SIM, tak luput dari yang namanya calo. Calo  nya pun tak main-main, biasanya berasal dari dalam instansi sendiri. Dimana calo tersebut sudah punya koneksi dengan pihak dalam, akhirnya dipermudah segala urusan yang dilakukan oleh calo.  

Beda bila kita mengurusnya sendiri, segala urusan administrasi di kepolisian jadi makin sulit, ribet dan super lama sekali. Istilahnya, kalau bisa dipersulit kenapa musti dipermudah. Akhirnya kita menyerahkan segala urusan pada yang namanya calo. Kita tinggal terima bersih saja.

Tapi perlu kalian tahu semua ya, itu anggapan umum soal kepolisian pada jaman dahulu. Jaman sekarang sudah tak seperti itu lagi. Semenjak ada namanya reformasi birokrasi di kubu kepolisian, kepolisian jadi lebih ramah kepada para pengunjung. Urusan administrasipun jadi lebih mudah. Termasuk juga dalam buat SIM. Jika jaman dahulu terkesan dipersulit, kini malah semakin dipermudah. Jadi tidak ada alasan lagi untuk buat SIM lewat calo.

Nah buat kalian yang pernah buat SIM lewat calo, pasti nyesel setelah mengetahui kondisi sebenarnya. Alias kondisi kalau buat SIM tidak lewat calo, apa saja itu?

  1. bikin SIM lewat calo harus keluar uang lebih besar.

Berapa uang yang harus kamu bayar untuk buat SIM tanpa pakai calo? Kamu tahu, hanya 100 ribu rupiah untuk SIM C alias mendaraan bermotor roda 2. Sementara kalau untuk buat SIM A, B1 dan B2 adalah Rp 120 ribu. Itu bisa kamu lihat di situs resminya Polisi Republik Indonesia (Polri). Tapi kalau kamu lewat calo, bisa sampai 350 untuk SIM C dan malah sampai 600 hingga 700 untuk SIM SIM A, B1 dan B2. Mahal sekali bro..

  1. Kamu sedang melakukan KKN.

Dengan kamu mengurus SIM lewat calo, sebenarnya kamu sedang menyuburkan praltek korupsi, kolusi dan nepotisme di negeri ini. bagaimana bisa? Begini gays, perlu kamu tahu. Ada rahasia mengapa para calo itu urusanya dipermudah oleh oknum yang buat Sim, sebab mereka sering ngasih uang jajan dan rokok pada para oknum. Jadi pantas saja kalau urusanya dipermudah. So kamu ikut andil menyuburkanya kan?

  1. Uangmu Masuk Kantong oknum nakal

Untuk yang ini, palingan kamu semua sudah pada tahu. Kalau kamu buat sim lewat calo, uang lebihanya gak akan masuk ke kas negara. Kamu tidak menyumbang pembangunan dalam negeri. tapi uang kamu masuk ke kantong para oknum nakal. Sudah pasti, setiap ngurus apapun ke calo, ada lebihan antara 50 sampai 100 ribuan sekadar untuk SIM saja. dan itu masuk kantong oknum. Bahaya gak tuh…

  1. Kamu tetap dirugikan dari segi waktu.

Kamu pikir kalau ngurus SIM lewat calo kamu tidak lagi dirugikan dari segi waktu sebab kamu tak perlu datang ke kepolisian dan tinggal terima jadi kamu salah besar kawan. Sekalipun kamu pakai calo, kamu harus datang ke kepolisian untuk foto dan ngantri hingga sim kamu jadi. Padahal kalau demikian, kenapa tidak lebih baik kamu buat sendiri saja. toh sama-sama ngantri.

Satu hal lagi yang perlu berita otomotif terbaru sampaikan, pemerintah dan kepolisian sudah punya banyak layanan agar kamu lebih mudah buat Sim. Termasuk online. jadi tidak ada alasan lagi untuk pakai calo ya.

Leave a reply "Kerugian Membuat Surat Izin Mengemudi Melalui Calo"