Pastikan Memilih Harga Jual Kambing Kurban yang Sesuai dengan Syarat Agama

Tinggal menghitung hari lagi Idul Adha akan tiba. Kini saatnya masyarakat muslim mempersiapkan diri jika berkurban. Anda bisa memilih jenis hewan yang akan diqurbankan mulai dari kambing dan sapi yang umum disembelih di Indonesia, namun ada juga pilihan unta dan domba yang juga diperbolehkan. Memang dapat diakui jika harga jual kambing kurban dan sapi kurban menjelang Idul Adha mengalami kenaikan, namun hal ini tentu tidak akan mengurangi niat Anda dalam berkurban bukan?

Keabsahan hewan kurban ini nantinya bukan dilihat dari segi harganya, namun dari segi sifat hewan itu sendiri yaitu jenis hewan yang digunakan dan keutamaan nya. Untuk bisa memenuhi syarat keabsahan hewan kurban, maka Anda perlu mengetahui beberapa syarat yang sudah dijabarkan berikut ini:

Jenis hewan

Syarat yang pertama adalah jenis hewan kurban nya yaitu yang merupakan binatang ternak mulai dari unta, sapi, kambing dan domba.

Status kepemilikan

Selanjutnya untuk status kepemilikan hewan. Untuk yang bisa memenuhi syariat adalah hewan yang didapatkan dengan akad yang halal yaitu bukan hewan yang didapat dari mencuri, merampok atau cara haram lainnya. Jika Anda membeli, maka akad jual beli yang baik dan dengan uang dari pekerjaan halal harus menjadi syarat yang mutlak.

Kondisi fisik dan kesehatan hewan

Syarat selanjutnya adalah dari segi kondisi kesehatan hewannya. Hewan yang sah untuk dijadikan hewan kurban adalah hewan yang terbebas dari 4 jenis cacat yaitu:

  • Salah satu matanya buta dan dapat terlihat jelas kebutaannya.
  • Hewan tersebut dalam kondisi sakit dan dapat terlihat jelas kondisi sakitnya.
  • Hewan tersebut pincang dan dapat terlihat jelas pincangnya.
  • Hewan yang bertubuh kurus sehingga tidak memiliki sumsum di tulangnya.

Usia hewan kurban

Ada kriteria umur untuk hewan yang dapat dipergunakan untuk berkurban. Berikut ini aturannya:

  • Unta untuk usia genap 5 tahun dan masuk tahun keenam.
  • Sapi untuk usia genap 2 tahun dan masuk tahun ketiga.
  • kambing untuk usia genap 1 tahun dan masuk tahun kedua.
  • Domba untuk usia genap 6 bulan dan masuk bulan ketujuh.

Kurban patungan

Kurban ini dapat dilakukan dengan individu atau bisa juga secara rombongan. Hal ini bisa dilakukan sesuai kondisi perekonomian masing-masing yang ketentuannya adalah unta untuk rombongan 10 orang dan sapi adalah untuk rombongan 7 orang.

Itulah beberapa ketentuan dalam pemilihan hewan kurban yang bisa Anda ikuti. Kurban bukan hanya soal uang yang dikeluarkan untuk membelinya saja, namun juga keseriusan dalam memberikan yang terbaik untuk jalan ibadah sehingga bisa mendapatkan ridho dari Allah SWT.

 

Leave a reply "Pastikan Memilih Harga Jual Kambing Kurban yang Sesuai dengan Syarat Agama"