Seller Penipu di Situs Jual Beli Online Terbaik? Ini Cirinya

183 views


Berjualan di beberapa situs jual beli online terbaik memang cukup mudah bagi para penjual. Selain memiliki pengunjung tetap, berjualan di situs jual beli online juga memungkinkan anda untuk menghemat biaya operasional. Akan tetapi, hal ini ternyata juga dimanfaatkan oleh beberapa orang tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan keuntungan yang lebih.

Akan tetapi, biasanya para penjual penipu ini memiliki ciri yang cenderung sama dalam menjalankan penipuannya. Dengan mengetahui ciri-ciri ini, maka anda dapat lebih mampu menghindari kemungkinan terjadinya penipuan. Berikut ini adalah beberapa ciri penjual tidak bertanggung jawab yang banyak berkeliaran di situs jual beli online terbaik:

  1. Barang black market

Barang black market adalah barang dengan status ilegal atau tidak memiliki izin resmi sehingga tidak dikenakan pajak. Pada umumnya, barang black market memiliki harga yang cukup murah. Para penjual penipu ini biasanya mengatakan bahwa barang yang mereka jual diambil langsung dari pelabuhan atau Batam sehingga bisa dijual dengan harga yang sangat murah. Meskipun praktek tersebut bisa jadi benar, namun kebanyakan penjual yang mengaku memiliki barang black market tidak memiliki barangnya sama sekali.

  1. Harga yang tidak wajar

Harga barang yang dijual di bawah harga standar, bahkan kurang dari setengah harga patut untuk anda curigai. Dan sebaiknya anda menghindari penjual yang menjual barang dengan harga yang terlalu rendah. Misalkan saja kamera DSLR yang memiliki standar harga baru 13 juta Rupiah, lalu dijual oleh penjual tersebut dengan harga 3 juta Rupiah dengan kondisi barang baru. Lebih baik anda membayar sedikit lebih mahal, daripada uang anda hilang dan barang yang anda beli tidak anda dapatkan.

  1. Postingan lebih dari satu

Berhati-hati pula jika menemukan lebih dari satu postingan yang sama atau hampir sama, baik dalam satu akun penjual yang sama, atau dalam akun yang berbeda-beda. Kemungkinan, seluruh postingan tersebut dibuat oleh orang yang sama. Cara ini adalah salah satu cara yang dilakukan oleh penjual penipu untuk menjaring calon korbannya.

Meskipun tidak semua penjual di situs jual beli online terbaik melakukan hal tersebut, tidak ada salahnya jika anda berhati-hati. Dan jika anda menemukan penjual seperti ini, anda bisa melaporkannya kepada pengelola situs agar akun penjual tersebut diblokir atau dihapus permanen.

Leave a reply "Seller Penipu di Situs Jual Beli Online Terbaik? Ini Cirinya"