Tak Hanya Tenaga Profesional, Inilah 5 Fakta Pekerja Asing Di Indonesia

Belakangan ini, kita dikejutkan dengan tragedi kebakaran yang terjadi di pabrik petasan. Berita terbaru menyebutkan jika sedikitnya 47 orang meninggal dalam tragedi tersebut. sebagian besar korbannya merupakan tenaga kerja di bawah umur. hal ini tentu meresahkan kita, mengingat ada anak-anak yang kehilangan masa mudanya untuk bekerja dan mendapatkan uang. Tetapi, selain tenaga kerja di bawah umur, kita juga diresahkan dengan tenaga kerja asing yang masuk ke Indonesia.

Berikut ini adalah 5 Fakta yang harus kita ketahui tentang masuknya Tenaka Kerja Asing (TKA) ke Indonesia;

  1. Jumlah TKA di Indonesia mencapai angka 185 orang

Jumlah ini tidak jauh berbeda dengan angka-angka pada lima tahun sebelumnya.Tahun 2011 mencapai angka 77.307 orang, tahun 2012 menunjukkan angka 72.427 orang, tahun 2013 berjumlah 68.957 orang, pada tahun 2014 sebanyak 68.762 orang, dan pada tahun 2015 sebanyak 69.025 orang.

  1. TKA di Indonesia paling besar disumbang oleh China

Menurut data yang dihimpun oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans), sebanyak 21.271 orang  jumlah tenaga kerja asing (TKA) yang berasal dari China telah masuk dan bekerja di Indonesia. Angka ini dihimpun dalam periode Januari-November 2016.

  1. Mereka bekerja sebagai Tenaga Profesional

Puluhan ribu tenaga kerja asing yang bekerja di Indonesia tersebar dalam beberapa sektor, di antaranya adalah sektor konstruksi, industri, perdagangan dan jasa, serta pertanian. Uniknya, mereka justru menempati jabatan sebagai pekerja profesional, dan bukan sebagai pekerja kasar.Hal ini termasuk dalam upaya pemerintah untuk membatasi masuknya TKA ke Indonesia.

  1. TKA bermasalah

Hingga penghujung tahun 2016, Menaker menyebutkan bahwa ada 683 tenaga kerja asing bermasalah yang sedang ditangani oleh Kementerian Ketenagakerjaan. Beberapa TKA bermasalah tersebut berasal dari China, Malaysia, India, Filipina, Thailand, serta Korea Selatan. 587 diantaranya tidak memiliki izin kerja, sedangkan yang lain diduga menyalahgunakan izin kerja yang dimiliki.

  1. Persaingan Kerja semakin tinggi

Masuknya tenaga kerja asing ke Indonesia jelas berdampak pada tingginya persaingan dalam dunia kerja, terutama untuk anak bangsa. Meskipun pemerintah telah mengeluarkan dasar hukum, namun dalam praktiknya, lulusan Sekolah Menengah Atas hingga Sarjana sulit untuk mendapatkan pekerjaan di negeri sendiri.

Leave a reply "Tak Hanya Tenaga Profesional, Inilah 5 Fakta Pekerja Asing Di Indonesia"