Tips Merawat Pompa Air Listrik Agar Tetap Awet

668 views

pompa-air-listrik

Air merupakan salah satu kebutuhan utama manusia. Dalam kehidupan sehari-hari, air memiliki peranan yang sangat penting mulai dari untuk makan minum, mandi, mencuci, dan lain sebagainya. Oleh karenanya, alat-alat seperti pompa air listrik menjadi salah satu kebutuhan penting yang wajib dimiliki dalam sebuah rumah tangga.

Di pasaran ada banya sekali jenis pompa air listrik. Secara umum, jenis-jenis pompa air listrik ini terbagi berdasarkan dayanya, yaitu standart (100 watt), semi jet (125 watt), dan jet pump (250-300 watt). Khusus untuk pompa listrik jenis jet pump, umumnya digunakan pada kedalaman lebih dari 20 meter.

Ketika hendak membelinya di toko yang menjual pompa air, sebaiknya sesuaikan pompa air tersebut dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Carilah produk yang berkualitas dan bergaransi. Jangan lupa, pastikan pula rumah Anda mendukung operasional pompa air listrik ini. Namun agar pompa tetap awet, Anda wajib melakukan beberapa perawatan rutin antara lain:

  1. Gunakan pipa paralon dalam tanah dengan panjang pipa yang sesuai daya hisap pompa. Jangan gunakan pipa yang lebih pendek dari daya hisap karena akan berpengaruh pada daya dorong pompa dan membuat kinerja pompa lebih berat.
  2. Jauhkan lantai pada area mesin pompa dari tetesan atau genangan air. Bila diperlukan, gunakan tutup pelindung yang mudah dibuka dan ditutup yang mengelilingi mesin pompa tersebut.
  3. Hindari meletakkan pompa di tempat lebih rendah atau di bawah sumber isapan air. Karena dapat membuat pompa terendam air yang berujung pada kerusakan mesin.
  4. Hindari menggunakan pompa pada kondisi kering atau tanpa air karena bisa merusakkan bagian motor penggerak pompa.
  5. Buatlah jadwal membersihkan pompa secara rutin dengan menggunakan oli yang dioleskan pada gigi putar menggunakan sikat gigi bekas.
  6. Setiap kali selesai menggunakan pompa, jangan lupa untuk mematikan dan melepaskan kabel pompa dari stop kontak agar listrik lebih hemat.
  7. Jangan bungkus pompa dengan bahan yang mudah terbakar, seperti kain contohnya.
  8. Hindari menjalankan pompa pada suhu yang ekstrim yaitu di atas 40 derajat Celcius atau di bawah 5 derajat Celcius.
  9. Gunakan perpipaan pompa dengan produk yang berkualitas dan berstandar pemerintah untuk menghindari kebocoran sehingga kinerja pompa bisa lebih efektif dan maksimal.

Jika perawatan-perawatan di atas rutin dilakukan, pompa air yang Anda miliki pasti akan awet sehingga dapat bertahan lebih lama. Untuk mendapatkan pompa air yang berkualitas dengan berbagai pilihan jenis dan model, Anda dapat mencarinya di tempat jual pompa air di sekitar rumah Anda. Namun, tentu saja Anda harus tetap melakukan perawatan yang tepat dan rutin agar pompa air listrik bisa bertahan lama dan tidak mengalami kerusakan yang merugikan nantinya. Selain itu, lakukan servey harga kecil-kecilan terlebih dahulu untuk mendapatkan harga jual pompa air terbaik.

Leave a reply "Tips Merawat Pompa Air Listrik Agar Tetap Awet"