Tips Merawat Sofa Kesayangan Anda

Perawatan berkala dilakukan agar sofa kulit tetap tampil menawan, tahan lama, dan nyaman saat diduduki. Apalagi sofa merupakan salah satu perabotan kesayangan rumah tangga di ruang tamu maupun area keluarga.

Selain akibat debu dan kotoran, sofa dan kursi juga bisa menjadi kotor karena noda lama yang telah meresap dalam hingga ke serat bahan sofa. Kotoran tersebut ada di sana meskipun kadang-kadang Anda tidak bisa melihatnya.

Demi menjaga kebersihan rumah, membersihkan sofa dan kursi secara teratur perlu mendapatkan perhatian Anda. Apalagi jika Anda baru membeli Kursi Set Sofa Ligna dari Blibli.com yang berkualitas.

Berikut cara-cara agar sofa Anda tetap tampil menawan, tahan lama, dan nyaman saat diduduki.

  1. Pastikan Ruangan Tidak Lembab

Anda harus memastikan agar ruangan dalam kondisi tidak lembab. Jika rumah anda berada pada daerah yang lembab dan cendrung basah, anda dapat menggunakan transram pada pasangan batu bata yang berada di atas sloof setinggi 30-50cm.

Perhatikan juga sirkulasi udara rumah anda. Jika dirasa udara rumah anda terlalu lembab, anda dapat memperbaiki ventilasi udara rumah anda atau bahkan membuat beberapa ventilasi udara baru.

  1. Menjaga Warna Sofa

Usahakan juga agar sofa tidak terkena langsung paparan sinar matahari. Sinar matahari yang mengenai kursi tamu terus menerus akan menyebabkan warnanya cepat pudar dan kusam. Begitu pun jika sofa baru habis dicuci agar disimpan di tempat yang sejuk dan banyak angin.

Sedot debu pada sofa dan kursi paling tidak sekali dalam seminggu. Debu yang dibiarkan menumpuk, lama-kelamaan akan menjadi tanah setelah bercampur dengan kelembapan udara sehingga mengubah warna sofa Anda menjadi lebih gelap dan kusam.

  1. Besihkan Pakai Kain Halus

Satu minggu sekali, sebaiknya Anda juga membersihkan sofa. Sebelum menggunakan bahan atau produk pembersih sofa kain apa pun, singkirkan kotoran dan debu di seluruh permukaan sofa dan kursi. Anda bisa memakai lap, kemoceng, sikat berbulu halus, atau mesin pengisap debu dengan ujung berbulu agar tidak merusak bahan pelapis sofa.

Jika sofa berbahan kulit, bisa dengan menggunakan kain atau kaus halus yang dibasahi sedikit air. Ini berguna untuk menyingkirkan debu pada kulit kursi tamu. Perawatan seminggu sekali ini baiknya rutin dilakukan untuk mencegah kerusakan

  1. Bersihkan Bercak-bercak Kotoran

Caranya bisa menggunakan tisu basah atau kain mikrofiber yang telah dibasahi dengan sedikit cuka untuk mengelap bercak atau noda. Tes terlebih dulu bahan atau produk pembersih yang akan Anda gunakan di bagian kecil yang tersembunyi sebelum memakainya pada seluruh permukaan sofa.

Tak kalah pentingnya, setiap dua kali dalam setahun, Anda sebaiknya melakukan pembersihan dan memberikan kondisioner atau pelembab jika sofa berbahan kulit secara menyeluruh. Kemudian, lanjutkan dengan menyemprotkan lapisan pelindungnya. Untuk hasil lebih bagus, Anda dapat menyerahkan kepada ahli servis kulit.

***

Poin-poin kunci pada saat membersihkan sofa adalah  jangan membuatnya terlalu basah, gunakan detergen cair yang dicampur dengan sedikit air dan tes di bagian kecil yang tersembunyi terlebih dulu. Tisu basah merupakan solusi praktis untuk menyerap tumpahan cairan atau menghilangkan noda tanpa membuat sofa Anda terlalu basah. Jika memungkinkan, biarkan sofa Anda kering secara alami.

Disarankan juga supaya membersihkan noda apa pun pada permukaan sofa secepat mungkin. Noda yang baru terbentuk lebih mudah dihilangkan daripada noda lama yang sudah kering dan meresap ke dalam serat kain sofa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *