Tips Mudah Untuk Meningkatkan Ingatan Anda

10263 views

Lupa

Mempunyai ingatan yang bagus merupakan hal yang ingin dimiliki setiap individu. Namun sepertinya hal itu cukup sulit terwujud. Terbukti banyak remaja yang lemah dalam hal mengingat sesuatu. Terbukti dari beberapa survey yang membuktikan bahwa remaja sudah sangat cepat melupakan pelajaran yang baru mereka pelajari dari sekolah. Banyak hal yang membuat ingatan mereka berkurang. Makanan yang mereka konsumsi merupakan faktor utama yang menyebabkan hal tersebut. Makanan kemasan dan cepat saji sangat berperan di dalamnya. Selain menghindari makanan yang dapat melemahkan ingatan. Cara berikut ini juga dapat berperan dalam meningkatkan ingatan anda.

  • Rekam Dan Tulis Informasi Yang Baru

Cara pertama yang paling mudah untuk meningkatkan ingatan anda adalah dengan merekamnya atau menulisnya. Anda dapat membawa buku catatan kecil atau Iphone 6. Dengan buku catatan anda bisa menulis informasi yang baru anda dengar. Walaupun anda merasa yakin akan mengingatnya, namun ada baiknya anda menulisnya karena faktor lupa tak bisa dihindari. Jika anda malas untuk menulisnya, anda bisa merekamnya. Apalagi sekarang harga iphone 6 sudah terjangkau, anda bisa merekam informasi baru tersebut. Dengan merekamnya anda dapat mendengarkannya kapanpun dengan cara menyenangkan.

  • Ingat Dengan Informasi Lain Yang mengikutinya

Hal ini maksudnya adalah anda bisa mengingat informasi baru tersebut dengan mengingat cirri lain dalam informasi tersebut. Misalnya anda ingin menghafal nama-nama hewan mamalia, anda bisa mengingat akronim nama depannya saja. Contohnya dalam menghafal lumba-lumba, monyet, dan kucing dengan hanya menghafal 2 huruf di depan namanya menjadi LuMoKu. Cara lainnya misalnya dengan menghafal melalui gambaran. Misalnya menghafal nama seseorang, anda bisa membayangkan ciri atau karakter orang tersebut. Contohnya anda ingin menghafal teman baru anda Angel, anda bayangkan saja cirri rambutnya, kulitnya atau cara dia berbicara.

  • Cukup Tidur Dan Lakukan Rutinitas

Dengan tidur yang cukup selama 8 jam perhari membuat memori anda akan meningkat. Hal ini karena dengan tidur cukup, otak akan merefresh lagi sehingga keesokan harinya otak anda dapat bekerja menerima informasi baru. Kemudian usahakan juga untuk tidak begadang karena otak anda akan dipaksa bekerja lebih keras dan lama. Cara selanjutnya lakukan rutinitas anda dengan kedisiplinan. Contohnya agar anda tidak lupa mengecas ponsel anda atau lupa menaruh kunci mobil, anda bisa melakukan rutinitas tersebut dengan tepat waktu dan jangan sampai terlewat. Misalnya saat bangun tidur langsung cas ponsel anda, kemudian taruh kunci mobil anda di tempat yang sama sehabis anda bekerja.

  • Fokus Pada Informasi Baru Tersebut

Cara terakhir ini merupakan cara yang paling mempengaruhi ingatan anda. fokuslah dalam mendengar atau melihat informasi baru tersebut. Jika anda tidak fokus maka informasi baru tersebut tidak diterima dengan baik dalam otak anda. Jangan membuat hal disekeliling anda menjadi menarik bagi anda ketika anda sedang fokus mendengar informasi baru. Jangan sedikitpun anda menoleh atau berpaling karena akan membuat informasi awal yang anda terima menjadi bercampur dengan hal yang membuat anda terganggu. Kemudian ketika anda sudah menerima informasi tersebut anda bisa mengulangnya dengan melafalkannya dengan keras ketika sudah di rumah untuk lebih mengingatnya.

Tags: #Alasan Lupa #Ingatan #Kenapa Lupa #Mengingat

  1. author

    Ellys Directory1 year ago

    Dengan meningkatan ingatan, tentu saja menjadi salah satu cara efektif untuk menghindari kepikunan. Masih banyak cara lainnya selain mengkonsumsi makanan dan olahraga. Hal tersebut memiliki peranan yang paling membantu.

    Reply

Leave a reply "Tips Mudah Untuk Meningkatkan Ingatan Anda"