4 Cara Melancarkan Haid

8 Cara Melancarkan Haid Alami Aman Bagi KesehatanMenstruasi atau haid atau biasa pun kita sebut ‘datang bulan’ ialah siklus perdarahan periodik yang dirasakan para kaum hawa masing-masing bulannya. Namun, apa jadinya andai siklus menstruasi tidak berlangsung sebagaimana harusnya? Apakah ini pertanda terdapat masalah serius pada tubuh? Bagaimana teknik memperlancar haid yang telat 2 bulan atau lebih secara alami? Bagaimana cara melancarkan haid?

Menstruasi atau haid ialah kondisi di mana tubuh perempuan menerbitkan darah dari Rahim ketika tidak terdapat pembuahan terhadap sel telur. Normalnya, haid terjadi masing-masing 21-35 hari sekali, dengan durasi haid dilangsungkan selama 3-7 hari.

Akan tetapi, sejumlah wanita merasakan siklus haid yang tidak lancar. Misalnya, ia baru merasakan haid sesudah 2-3 bulan lantas terhitung dari haid terakhir. Menjadi urusan yang normal andai wanita itu ternyata hamil. Namun andai tidak, maka dengan kata lain ada masalah kesehatan yang sedang terjadi. Pada dasarnya, haid tidak lancar diakibatkan oleh ketidakseimbangan kadar hormon progesteron dan estrogen.

Manakala siklus haid kita tidak lancar, baiknya tidak butuh buru-buru panik. Di samping berkonsultasi untuk dokter bersangkutan, membalikkan siklus haid ke suasana normal dapat dengan melakukan teknik memperlancar haid secara alami, aman, dan terbukti efektif. Berikut kabarnya untuk Anda.

  1. Olahraga Teratur

Cara memperlancar haid yang kesatu ialah berolahraga secara teratur. Jenis olahraga yang dimaksud disini ialah olahraga enteng seperi jogging, berenang, atau sebatas berjalan kaki santai. Cara alami memperlancar haid yang satu ini dianggap efektif guna melancarkan aliran darah sampai-sampai siklus menstruasi ditebak akan pulang normal pasca melakukan kegiatan olahraga tersebut.

Sedikit catatan, kendati olahraga dapat memperlancar haid, tetapi lakukan pekerjaan ini sewajarnya. Olahraga yang berlebihan malah akan memperparah siklus haid taj fasih yang kita alami dampak tubuh kelelahan.

  1. Istirahat yang Cukup

Haid yang tidak teratur disebabkan oleh buatan hormon kortisol yang mendahului batas normal sampai-sampai mengganggu ekuilibrium antara hormon progesteron dan hormon estrogen yang dominan  pada tidak lancarnya siklus haid.

Guna mengendalikan buatan kortisol, teknik terbaik yang dapat Anda lakukan ialah dengan beristirahat yang cukup. Dengan menerapkan teknik memperlancar haid yang telat 2 bulan atau lebih ini, siklus menstruasi Anda dapat teratasi tanpa butuh ke dokter.

  1. Berlatih Yoga

Sebuah studi di tahun 2013 yang melibatkan 126 narasumber menemukan kenyataan bahwa mengerjakan yoga secara rutin sejumlah 5 kali seminggu sekitar 6 bulan, (durasi pelajaran mencapai 35-40 menit) bisa menurunkan kadar hormon yang menjadi pemicu siklus haid tidak teratur.

Tak melulu itu, teknik memperlancar haid dengan cara yoga ini dapat mengatasi beragam masalah lainnya yang bersangkutan dengan ‘datang bulan’, laksana nyeri haid, rasa cemas, depresi, dan menolong wanita dengan situasi dsimenore primer melalui masa haid yang kadang diiringi dengan nyeri paling parah.

  1. Kendalikan Stres

Siklus haid kita yang tidak tertata sedikit tidak sedikit dipengaruhi oleh rasa stres yang melanda. Ini sebab saat stres, buatan hormon kortisol menjadi berlebihan, yang kemudian dominan terhadap hormon hypothalamus, yakni hormon pengatur siklus menstruasi.

Jika stres ialah penyebab siklus haid kita tidak lancar, maka teknik memperlancar haid satu-satunya yakni dengan mengelola stres sebaik mungkin supaya tidak berlarut-larut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *