Bagi Bunda Yang Ingin Melahirkan Secara Normal, Ikutilah Tips-tips Ini

Dramatis, Inilah 9 Foto Proses Melahirkan Terbaik Tahun 2019

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa proses persalinan itu merupakan momen-momen yang paling mendebarkan, baik untuk calon ibu maupun calon ayahnya. Bagaimana tidak! sebab proses melahirkan itu merupakan pertaruhan antara hidup dan mati lho. Berbicara soal persalinan, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar beberapa tips melahirkan normal. Oleh karena itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini :

  1. Mengkonsumsi Gizi Yang Seimbang

Penerapan konsep gizi yang seimbang ini berkaitan dengan asupan nutrisi yang mencakup pangan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Bahkan, asupan vitamin pada masa tersebut memerlukan beberapa vitamin tambahan seperti A, B, C, dan E. Mengapa harus demikian? Pasalnya, tambahan vitamin tersebut sangat penting dalam menjaga keseimbangan hormon pada tahap akhir kehamilan. Tak hanya itu, vitamin-vitamin tambahan tersebut juga berfungsi untuk mengencangkan rahim dalam melahirkan normal yang minim intervensi medis. Adapun mengenai peran dari vitamin K, yang dapat membantu dalam pembekuan darah serta mengurangi kemungkinan dari terjadinya pendarahan pasca melahirkan.

  1. Jangan Malas Untuk Bergerak

Pada dasarnya, wanita yang tengah hamil itu memang dianjurkan untuk memperbanyak waktu istirahat. Akan tetapi, bukan berarti juga bahwa hal itu kita jadikan alasan untuk bermalas-malasan ya! Dalam hal ini, bunda bisa melakukan berbagai aktifitas ringan seperti jalan santai, senam kehamilan, dan lain sebagainya. Menurut para dokter kandungan, aktifitas tersebut dapat meredakan ketegangan serta membuat pikiran tetap fokus pada hal-hal yang positif. Bahkan, aktifitas yang dinamis pun dapat membuat tubuh menjadi tidak lemas dan justru akan mendapatkan energy lebih.

  1. Menjaga Berat Badan Ideal

Menurut para dokter kandungan, berat badan yang ideal itu sangat membantu dalam melancarkan proses persalinan normal. Pasalnya, hal tersebut dikarenakan berat badan yang ideal ini mempunyai komplikasi lebih sedikit dan membutuhkan intervensi medis yang lebih sedikit juga.

  1. Melatih Teknik Pernafasan

Pernafasan merupakan hal yang paling penting dilakukan dalam proses melahirkan. Teknik pernafasan yang tepat diyakini  mampu membantu proses persalinan lancar, agar beradaptasi dengan rasa sakit yang lebih baik serta membantu dalam menenangkan. Tak hanya itu, teknik pernafasan ini juga dapat mengatur kontraksi ritmis dan gerakan mendorong janin keluar yang lebih baik serta efisien. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, teknik pernafasan ini dapat memastikan tubuh untuk memiliki oksigen yang cukup sehingga bunda tidak akan pingsan karena rasa sakit akibat proses persalinan dank ram akibat kontraksi.

  1. Mengkonsumsi Buah Kurma

Siapa sih diantara kita yang tidak kenal pada buah bertekstur lembut dan memiliki rasa manis ini? ya, tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan buah kurma tersebut. Berdasarkan dari hasil penelitian, buah kurma ini mempunyai kandungan senyawa aktif yang mirip dengan oksitosin. Bahkan, buah asal Timur Tengah ini juga sudah terbukti dapat melebarkan serviks yang tentunya bisa membantu dalam melancarkan proses persalinan normal.

  1. Mencukupi Waktu Tidur

Tips berikutnya yang dapat melancarkan proses persalinan normal, yakni dengan mencukupi waktu tidur. Dalam hal ini, bunda dianjurkan untuk tidur dengan durasi 7 – 9 jam per harinya untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi proses persalinan.

Itulah beberapa tips yang dapat membuat bunda agar bisa melahirkan secara normal. Bagaimana, apakah bunda tertarik untuk mencobanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *