Berikut Ini Tempat Wisata Di Ciamis

Hasil gambar untuk Curug Tujuh Cibolang

Kabupaten Ciamis dikenal sebagai salah satu wilayah yang paling banyak mengalami pemekaran di Jawa Barat. Di tahun 2002 kecamatan Banjar secara resmi menjadi kota otonom dan berdiri sendiri yang kemudian dikenal dengan nama kota Banjar. Kemudian 10 tahun kemudian kawasan Pangandaran juga turut dimekarkan sehingga terbentuklah kabupaten Pangandaran. Namun, kali ini yang akan dibahas adalah beberapa tempat wisata yang ada di Ciamis. Berikut ini tempat wisata yang ada di Ciamis :

  1. Curug Tujuh Cibolang

Curug Tujuh Cibolang ini merupakan sebuah air terjun yang berada di Kampung Nanggela, desa Sandingtaman, kecamatan Panjalu, kabupaten Ciamis. Penamaan Curug Tujuh ini tidak terlepas dari jumlah terjunan air yang jumlahnya ada tujuh dan berada saling berdekatan. Tempat wisata ini berjarak sekitar 35 km dari pusat kota Ciamis ke arah utara dan 5 km dari pusat kota Panjalu. Adapun nama ketujuh curug tersebut adalah Curug Satu, Curug Dua, Curug Tiga, Curug Cibolang, Curug Cimantaja, Curug Cileutik dan Curug Cibuluh. Tempat wisata ini sangat cocok bagi anda yang ingin mendapatkan suasana tenang dengan udara pegunungan yang sangat sejuk.

  1. Ciung Wanara

Seperti yang diketahui bahwa terbentuknya daerah Ciamis tidak terlepas dari sejarah Kerajaan Galuh yang menjadi cikal bakal daerah ini. Sehingga tidak aneh kalau di kabupaten Ciamis ini banyak ditemukan situs peninggalan dari zaman kerajaan tersebut. Dan salah satu situs sejarah tersebut adalah Situs Karangmulyan atau yang lebih populer disebut dengan Ciung Wanara. Dimana, Ciung Wanara ini merupakan sebuah situs purbakala dan juga arkeologi yang berada di desa Karangmulyan, kecamatan Cijeungjing, kabupaten Ciamis. Situs Hindu-Budha ini merupakan peninggalan Kerajaan Galuh.

  1. Situ Lengkong Panjalu

Situ Lengkong Panjalu ini merupakan sebuah destinasi wisata yang menggabungkan antara rekreasi dan wisata budaya. Di tempat wisata ini anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah mempesona berupa situ yang memiliki pulau di tengahnya bernama Nusa Larang. Selain bisa menikmati keindahan alamnya, anda juga bisa menemukan wisata budaya yang merupakan sejarah dari Kerajaan Panjalu yang menjadi asal usul kawasan tersebut. Dimana, di pulau tengah danau ini juga terdapat makam Hariang Borosngora. Situ Lengkong Panjalu ini sendiri berada di kecamatan Panjalu, kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Mungkin itu saja informasi kali ini tentang tempat wisata yang ada di Ciamis. Ke tiga tempat wisata di atas bisa menjadi referensi bagi anda yang akan berkunjung ke Ciamis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *