Berikut Ini Tips Merawat Komputer Supaya Lebih Awet

Pada saat ini segala aktivitas manusia tidak bisa dilepaskan dengan alat-alat teknologi yang sangat canggih dalam menopang segala aktivitasnya tersebut. Alat teknologi tersebut bisa berupa ponsel, komputer, laptop, dan lain sebagainya. Ngomong-ngomong soal komputer, alat ini sekarang sudah menjadi aset yang sangat penting bagi manusia. Bagaimana tidak, alat ini digunakan untuk mendukung segala pekerjaan manusia, seperti untuk bisnis, bekerja, kuliah, dan lain sebagainya. Oleh karena itu saking pentingnya komputer ini, maka kita juga harus mengetahui cara merawatnya supaya alat ini bisa digunakan dengan lancar tanpa ada masalah dan awet. Nah untuk itu dalam tulisan kali ini akan memberikan tips merawat komputer supaya lebih awet sebagai berikut :

Merawat Komputer Pada Bagian Hardware

  1. Menggunakan UPS Dan Stalvolt Pada Kelistrikan

Dengan menggunakan UPS dan Stalvolt ini bisa membantu anda supaya komputer tidak mati secara mendadak pada saat adanya pemadaman listrik, sehingga dengan demikian bisa meminimalisir terjadinya kerusakan pada komputer. Selain itu dengan cara ini bisa membuat hardware komputer anda menjadi lebih awet dan tahan lama, karena kelistrikannya terus tetap terjaga. Jika harga UPS terasa mahal bagi anda, maka solusinya anda bisa menggunakan stalvolt yang memiliki harga yang lebih murah.

  1. Jangan Pernah Langsung Mencabut Dari Komputer Pada Saat Sedang Menyala

Jika anda mencabut secara langsung dari komputer pada saat sedang menyala, ketahuilah bahwa cara ini bisa mempercepat terjadinya kerusakkan pada komputer anda. Hal ini dikarenakan bisa terjadinya hubungan singkat pada soket konektor atau motherboard anda. Sebagai solusinya anda bisa menggunakan peripheral “hot pluggable”.

  1. Jangan Mencharge Baterai Pada Saat Komputer Digunakan

Dengan tidak mencharge baterai pada saat komputer digunakan, tentunya hal ini bisa meminimalisir komputer supaya tidak cepat rusak dan awet. Karena jika anda mencharge baterai sambil menggunakan komputer, hal ini bisa membuat baterai menjadi ngedrop atau cepat habis baterainya, sehingga baterai anda menjadi soak.

  1. Tidak Boleh Meletakkan Speaker Active Terlalu Dekat Dengan Monitor

Hal ini dilakukan karena pada speaker active ini terdapat medan magnet yang bisa mempengaruhi monitor, dimana pada warna monitor nantinya menjadi tidak rata atau belang-belang. Untuk itu jika anda meletakkan speaker active, maka sebaiknya diletakkan dengan jarak yang agak jauh dari monitor.

  1. Bersihkan Monitor Dari Debu Secara Rutin

Perlu anda ketahui bahwa membersihkan monitor dengan rutin adalah hal yang sangat penting pada perawatan komputer dari segi hardwarenya. Untuk itu bersihkan monitor komputer anda setidaknya 6 bulan sekali. Dengan melakukan hal ini bisa meminimalisir terjadinya kerusakan pada komputer anda. Cara membersihkannya pun sangat simpel dan mudah, cukup dengan membersihkan setiap bagian komponen komputer anda mulai dari modem, sound card, RAM, CDR/CDRW/DVDRW, TV Tuner, dan Video Card.

  1. Gunakan Kabel Ground

Dengan menggunakan kabel ground ini bisa meminimalisir komponen elektronik anda menjadi lebih awet serta bisa menghindari terjadinya konsleting pada setiap komponennya. Caranya adalah dengan mengambil kabel dengan panjang secukupnya, lalu pada ujung kabel hubungkan dengan badan CPU(pada casing komputer), kemudian pada ujung kabel lainnya ditanamkan ke dalam tanah atau tempelkan di tembok.

Merawat Komputer Pada Bagian Software

  1. Lakukan Backup Data Secara Berkala

Backup data ini dilakukan dengan mencadangkan data anda sekarang, hal ini sangat dibutuhkan jika hard disk komputer anda mengalami masalah atau terkena virus. Lakukan dengan menggunakan 2 drive yang terpisah secara fisik (bukan hanya berbeda partisi dalam drive fisik yang sama) seperti zip disk, cd-rw, hard drive external, dan lain sebagainya.

  1. Lakukan Pemeriksaan Komputer Dengan Menggunakan Antivirus Terbaik

Dengan menggunakan antivirus secara teratur bisa mencegah komputer dari serangan virus yang berbahaya, yang mana virus tersebut bisa merusak komputer pada komponen hardware maupun software nya.

  1. Sebenarnya masih banyak lagi tips perawatan komputer lainnya, namun karena keterbatasan waktu maka hanya sampai disini saja yang bisa diinformasikan, semoga ada guna dan manfaatnya bagi kita semua.

Itulah beberapa tips yang tepat dalam merawat komputer. Nah, bagi anda yang sedang mencari jasa servis komputer panggilan, silahkan kunjungi situs carijasa.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *