Jadwal Imsakiyah Ramadhan

Seperti yang kita ketahui ketika bulan Ramadan tiba yang kita tunggu tidak hanya moment ketika berbuka puasa tetapi banyak moment-moment lain yang bisa kita tunggu. Ketika berbuka puasa kita selalu senang melakukan hal hal kecil seperti menyiapkan bukaan bersama dengan keluarga, lalu bertadarus sebelum berbuka bersama, atau mungkin ada yang ngabuburit dengan jalan-jalan santai didepan rumah sambil menyapa banyak orang. Lalu ketika waktu isya dan taraweh tiba kita tidak segan segan untuk segera siap melangkahkan kaki kita ke mesjid untuk sholat bersama sambil mendengarkan khatbah dari para ustad dan memahaminya dengan baik.

Bahkan terkadang setelah kita melakukan taraweh kita pun sering jajan disekitar mesjid karena memang moment-moment ini sangat sulit didapatkan dibulan bulan biasa. Nah diantara kedua hal tersebut ada satu moment yang biasanya tidak boleh terlewatkan ketika masuk bulan Ramadan yaitu adalah aktivitas sahur. Sahur merupakan aktivitas mengisi perut atau makan di waktu ¼ malam. Biasanya sahur dilakukan dirumah masing-masing dan ada beberapa yang bersama sama sambil melakukan sahur on the road. Tetapi saat ini mungkin beberapa kegiatan harus di hold atau ditahan untuk dilakukan diluar rumah karena pademi yang sedang terjadi saat ini. Walaupun demikian segala sesuatunya masih bisa dilakukan dirumahaja tanpa harus berkerumun bersama orang banyak seperti makan sahur bersama keluarga besar, buka bersama bersama keluarga besar, taraweh bersama dengan keluarga besar dan hal positif lainnya bisa dilakukan bersama dengan sanak keluarga untuk mempererat kedekatan selama pademi ini berlangsung. Nah karena saat ini sudah masuk puasa hari ke-15 Jum’at (8/5) maka sudah pasti anda harus mengetahui Jadwal imsakiyah yang sudah tersedia untuk beberapa kota berbeda.

Disini pun akan dijelaskan beberapa jadwal imsakiyah dibeberapa kota semoga dapat membantu puasa anda di bulan Ramadan ini menjadi lebih lengkap dan lebih bermanfaat lagi. Untuk wilayah aceh atau Banda Aceh pada hari Jum’at (8/5) jadwal imsakiyah akan dimulai pada pukul 04.55 WIB sedangkan anda bisa melakukan sholat subuh pada pukul 05.05 WIB. Pada wilayah yang masih satu pulau ini yaitu Sumatera Utara jadwal imsakiyah jatuh pada pukul 04.45 WIB sedangkan untuk sholat shubuhnya anda bisa melakukannya pada pukul 04.55 WIB. kalau dilihat dari perbedaannya ketika di Sumatera Utara sudah sholat subuh di Aceh masih masuk waktu imsak.

Lanjut jadwal imsakiyah selaunjutnya ada pada Sumatera Barat atau Padang dimana waktu imsak terjadi pada pukul 04.44 WIB dan waktu sholat subuh masuk pada pukul 04.54 WIB perbedaannya hanya sepuluh menit. Lalu di Riau pecan baru waktu imsakiya masuk pada pukul 04.38 WIB dengan waktu sholat subuh yaitu 04.48 WIB. Pada kota Jambi yang tidak terlalu jauh waktu imsakiyah terjadi pada pukul 04.32 WIB dan sholat subuh terjadi pada pukul 04.42 WIB. Masih di pulau Sumatera yaitu Sumatera Selatan atau Kota Palembang waktu imsakiyah masuk pada pukul 04.29 WIB dan waktu sholat subuh masuk pada pukul 04.39 WIB. Bengkulu waktu imsakiyah terjadi pada pukul 04.40 WIB dan waktu sholat subuh pada waktu 04.50 WIB. DI wilayah Bandar Lampung waktu imsakiyah masuk pada pukul 04.30 WIB dan watu subuh masuk pada pukul 04.40 WIB. Pada kepulauan Bangka Belitung imsakiyah masuk pada pukul 04.22 WIB dan waktu sholat subuh masuk pada pukul 04.32WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *