Jenis-Jenis Infeksi Mata Pada Bayi dan Cara Mengatasinya

0 Comments

Jenis Infeksi Virus yang Umum pada Balita, Kenali Rotavirus

            Seperti yang kita ketahui bahwa infeksi pada mata tidak hanya bisa terjadi pada orag dewasa saja melainkan juga pada bayi yang baru lahir sekalipun, hal ini bisa diakibatkan karena kekebalan tubuh yang dimiliki bayi baru lahir masih sangat rentan. Jika diperhatikan dengan lebih jelas mungkin anda pernah melihat mata bayi yang baru lahir berwarna sedikit keruh atau bahkan kemerahan, mempertimbangkan beberapa alasan tertentu hal seperti itu terbilang normal pada bayi. Penyebab infeksi yang terjadi pada mata bayi biasanya terjadi akibat alergi ataupun iritasi, karena bayi masih belum bisa beradaptasi dengan keadaan dunia luar. Tetapi ada juga beberapa infeksi pada mata bayi yang terbilang tidak wajar dan membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut, kira-kira apa saja penyakit mata pada bayi yang membutuhkan penangan lebih lanjut. Berikut ini adalah pembahasan dan cara penanganannya :

  • Mata Merah / Konjuntivitis

Infeksi mata seperti ini biasanya terjadi karena adanya masalah saat proses kelahiran bayi. Infeksi mata ini biasanya disebabkan oleh virus atau bakteri yang mengiritasi selaput putih mata dan juga bagian dalam kelopak mata, biasanya kondisi mata bayi yang mengalami infeksi ini akan menjadi kering. Cara penanganan pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi infeksi ini yaitu dengan membersihkan mata bayi menggunakan air hangat tetapi jika kondisi tetap berlanjut maka disarankan membawa bayi anda ke dokter untuk identifikasi lebih lanjut.

  • Benjolan di Mata

Infeksi mata ini biasanya ditandai dengan munculnya benjolan kecil pada mata yang lama-kelamaan menjadi semakin besar, biasanya kondisi mata seperti ini dapat menghalangi penglihatan pada bayi dan juga rasa pedih dan gatal pada kelopak mata bayi. Cara penangan pertama yang bisa dilakukan untuk meredakan infeksi ini yaitu anda bisa mengompres mata bayi anda selama 15 menit dan dilakukan 3x sehari tetapi jika benjolan semakin besar anda bisa memeriksakan bayi anda ke dokter untuk mendapatkan obat / salep yang bisa mengempeskan benjolan tersebut.

  • Blefaritis

Infeksi mata lainnya yang sering terjadi pada bayi yaitu blefaritis, dimana kondisi kelopak mata bayi mengalami peradangan, infeksi ini biasanya disebabkan oleh jamur ataupun bakteri yang terjadi akibat kelebihan produksi minyak di kelopak mata bayi. Cara penangangan pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan larutan garam ataupun larutan NaCl untuk mencuci mata bayi, tetapi jika menggunakan larutan NaCl harus sesuai dengan anjuran dan resep dari dokter.

  • Tembel

Infeksi mata ini biasa dikenal juga dengan penyakit belek pada mata, biasnya tanda dari penyakit ini yaitu terdapat cairan berwarna putih kekuningan yang terus-menerus keluar di area mata dan membuat mata menjadi pedih dan juga sulit untuk dibuka. Cara penanganan infeksi ini yaitu anda bisa mengompres mata bayi anda dengan air hangat selama 10 menit kemudian anda juga bisa membersihkan setiap cairan yang tersisa di kelopak mata bayi anda.

  • Periorbital Selulitis

Infeksi mata ini terjadi di area jaringan mata pada bayi dan biasanya hanya terjadi di satu sisi mata saja, kondisi infeksi mata ini biasanya dibarengi dengan gejala demam dan juga pilek pada anak. Cara penangangan infeksi ini yaitu anda harus memeriksakan ke dokter spesialis karena infeksi ini membutuhkan penggunaan antibiotik yang sesuai dengan dosis untuk bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *