Kenali Flu, Gejala Batuk Pilek pada Anak dan Obatnya

Flu atau pilek atau juga influenza adalah merupakan salah satu jenis penyakit yang tingkat penularannya sangat cepat karena disebabkan oleh virus. Cara penanganan dan pengobatan yang kurang tepat, bisa menyebabkan cepat menularnya penyakit ini ke orang lain. Ada beberapa jenis obat pilek untuk anak yang dapat digunakan dan sangat direkomendasikan.

Banyak orang yang menyepelekan gejala penyakit flu karena berpikir bahwa penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya. Flu yang dibiarkan begitu saja dalam jangka panjang bisa menyebabkan sinusitis. Untuk mengatasi sinusitis, Anda bisa memberikan Corticosteroid Nasal Spray kepada anak Anda. Corticosteroid Nasal Spray merupakan obat semprot hidung di goapotik.

Faktor Penyebab Flu dan Pilek

  1. Penjangkitan secara langsung. Seseorang yang terserang pilek selama sekitar tiga jam, pada tangannya masih terdapat virus yang tetap aktif. Virus ini akan menular ke orang lain jika penderita menyentuh orang lain, dan orang yang disentuh tersebut kemudian menyentuh mulut, hidung, atau mata mereka sendiri.
  2. Penjangkitan secara tidak langsung.
  3. Menghirup partikel yang mengandung virus.

Cara Terbaik untuk Menghindari Terserang Pilek

  1. Mencuci tangan sesering mungkin.
  2. Seka mainan anak – anak dan peralatan dengan disinfektan.
  3. Menjauhkan anak-anak dari orang sakit

Gejala Batuk dan Pilek pada Anak

  1. Saat menelan merasakan nyeri
  2. Hidung tersumbat
  3. Demam
  4. Mata berair
  5. Tidak mempunyai selera makan
  6. Hidung sulit untuk bernafas
  7. Pada bayi yang masih minum ASI, terlihat terlepas-lepas saat menyusu

Batuk dan flu pilek yang disebabkan oleh virus, dalam kurun waktu 10-14 hari akan sembuh dengan sendirinya. Anda perlu untuk membantu membersihkan lendir si kecil, karena semakin kecil usia anak, ia merasa lebih kesulitan untuk membersit hidung mereka sendiri.

Pilek umumnya ringan, namun berisiko tinggi untuk anak dengan usia yang lebih kecil. Misalnya dapat mengakibatkan terkena infeksi radang paru (pneumonia) atau infeksi telinga tengah. Sebagai orang tua Anda penting untuk selalu mengenali dan memantau tanda-tanda bahaya pada si kecil yang sedang mengalami batuk pilek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *