Komunitas Ibu Menyusui Popmama.com untuk Mengedukasi

5 Kegiatan Berpahala Bagi Ibu Hamil & Menyusui di Bulan Ramadan

Komunitas ibu menyusui Popmama.com dapat menjadi sarana bagi ibu terutama ibu muda yang baru pertama kali menjadi ibu. Di komunitas ini, Anda bisa bertanya apapun mengenai hal yang Anda kurang tahu. Ada beberapa hal yang biasanya ditanyakan di komunitas diantataranya adalah sebagai berikut.

  • Apakah boleh merokok dan mengonsumsi minuman keras seperti wine selama masa menyusui?

Tidak boleh ya ibu. Jika hal tersebut dilakukan maka akan masuk ke tubuh dan berpengaruh pada ASI yang diberikan ke anak. 

  • Apakah boleh mengkonsumsi kopi selama masa menyusui?

Boleh. Namun dengan takaran yang tidak lebih dari 200 mg per harinya. Jika lebih dari itu, kafein yang masuk ke tubuh akan berpengaruh pada ASI yang nantinya masuk ke dalam tubuh anak. Walaupun belum tentu hal tersebut akan berpengaruh pada kesehatan anak, namun, lebih baik mengantisipasinya daripada mengobati. 

Jika Anda mengkonsumsi kafein (tidak hanya di kopi namun juga di coklat dan teh) lebih dari 200 mg per hari maka sebaiknya Anda mengkonsumsi banyak air putih. Dengan cara tersebut, kandungan kafein dalam tubuh bisa berkurang. 

  • Bolehkah berpuasa?

Boleh selama Anda kuat. Hal ini karena masing-masing orang memiliki ketahanan tubuh yang berbeda satu dengan yang lainnya sehingga jika Anda merasa kuat seperti ASI yang cukup untuk 1 hari, hal tersebut tidak akan menjadi masalah. 

  • Bagaimana jika sang ibu memiliki HIV, apakah boleh menyusui?

Proses penyebaran virus HIV bisa menggunakan perantara ASI yang diberikan ke bayi. Namun, Anda tetap boleh memberikan ASI dengan ketentuan, ASI harus direbus terlebih dahulu. Atau ika ada dan bayi mampu menerima susu formula, sebaiknya diberikan susu formula. Itu dilakukan untuk pencegahan agar tidak ada penularan HIV ke bayi.

  • Berapa lama ASI bisa disimpan di dalam kulkas?

Jika Anda menyimpan ASI tersebut di dalam kulkas dengan 1 pintu di bagian freezer, maka ASI bisa bertahan hingga 2 minggu akan tetapi, jika disimpan di kulkas dengan 2 pintu di bagian freezer, maka ASI bisa bertahan hingga 3 bulan.

  • Mengapa harus selektif dalam memilih makanan dan minuman?

Saat Anda sedang menyusui, mau tidak mau anda harus memilah makanan dan minuman apa saja yang bagus untuk tubuh sehingga akan berdampak baik bagi kesehatan ibu dan janin. Apa saja makanan, minuman dan kebiasaan yang harus dihindari agar bayi bisa tumbuh dengan sempurna. Jikapun Anda memiliki kondisi tertentu, Anda bisa meminta dokter untuk memberikan saran atau bahkan menu untuk menjaga asupan nutrisi selama menyusui.

Itulah beberapa pertanyaan yang dapat dijawab ketika ibu membuka website Popmama.com. Komunitas ibu menyusui Popmama.com juga bisa memberikan informasi mengenai cara yang bisa dilakukan agar anak mau menyusu. 

Hal ini bisa disebabkan karena berbagai macam faktor dan salah satunya adalah anak yang terbiasa diberi susu formula atau karena bagian mulut dari anak mengalami iritasi sehingga akan perih jika dipergunakan saat menyusu. Ini sangat berhubungan dengan Inisiasi Menyusu Dini (IMD) apakah diterapkan sebagai langkah mengenalkan puting pada anak atau tidak. 

Sebagai media edukasi, komunitas ibu menyusui Popmama.com juga sering melakukan gathering sehingga Anda bisa berkumpul dan bertanya secara langsung dengan ibu-ibu yang masuk ke dalam komunitas tersebut. Dengan begitu, Anda tidak hanya akan mendapatkan informasi yang lebih lengkap namun juga mendapatkan teman baru.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *