Makanan-Makanan ini yang Harus Diwaspadai Bagi Penderita Demam Berdarah

 

Demam berdarah dengue ialah infeksi yang disebabkan oleh salah satu dari empat macam jenis virus dengue. Demam berdarah ialah penyakit yang mudah menular. Carier penularan demam berdarah sendiri berasal dari gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albocpictus

Beberapa hal yang memnculkan ciri demam berdarah biasanya dipicu oleh faktor risiko tertentu. Faktor risiko demam berdarah tersebut diantaranya:

  1. Pasien merupakan orang yang pernah mengalami infeksi virus dengue sebelumnya
  2. Pernah tinggal atau melakukan perjalanan ke daerah tropis
  3. Seperti bayi, anak-anak, orang lanjut usia, serta manusia yang kekebalan tubuhnya lemah.

Umumnya virus dengue penyebab munculnya ciri demam berdarah menyebar pesat dengan dimulainya musim penghujan. Hal ini tentunya dapat dimaklumi karena saat musim hujan menjadi waktu yang tepat bagi nyamuk aedes aegypti untuk berkembang biak yang merupakan pembawa dari virus.

Ciri demam berdarah yaitu dibawa oleh nyamuk dengan warna badan hitam putih ini bertelur di genangan air. Menurut Dokter Umum Balai Kesehatan Kompas Gramedia, Susanti memberikan saran bagi Anda agar dapat menutup genangan air maupun membersihkan lingkungan yang berada di lingkungan sekitar tempat tinggal Anda. 

Beberapa hal yang menjadi pantangan agar ciri demam berdarah atau penyakit ini tidak berkembang semakin parah pada diri seseorang yaitu :

  • Tidak mengonsumsi makanan yang berminyak dan pedas

Bagi penderita demam berdarah yang sudah diketahui berdasarkan ciri demam berdarah yang mulai muncul, maka diharapkan untuk sebaiknya terlebih dahulu untuk tidak mengonsumsi makanan dengan kandungan minyak berlebih dan pedas. Hal ini disebabkan karena pada makanan tersebut mampu memicu rasa mual penderita.

Jika terjadi mual dan muntah yang muncul dari diri penderita maka akan dikhawatirkan tubuhnya pun mampu semakin lemah diakibatkan dari kurangnya cairan.

Untuk anda yang merupakan penggemar dari adanya nasi padang, bakso dengan kuah yang pedas ataupun  makanan sejenisnya maka untuk sementara anda dapat sebaiknya menghindari makanan-makanan tersebut terlebih dahulu. Anda pun akan mampu menikmati makanan tersebut jika telah sembuh dari penyakit demam berdarah

  • Tidak mengonsumsi minuman yang memiliki kandungan kafein

Sebagai informasi, bagi penderita demam berdarah yang telah memunculkan ciri demam berdarah pada tubuhnya untuk ada baiknya tidak mengonsumsi adanya minuman dengan kandungan kafein. Hal ini karena menurut dokter Santi, kafein membuat orang jadi ingin terus menerus melakukan buang air kencing.

Dengan kenyataan buang air kecil terus menerus maka kebutuhan cairan penderita akan berkurang selama membutuhkan cairan selama dalam pengobatan. Namun gantinya, penderita mampu mengonsumsi air kelapa. Air kelapa sebagaimana diketahui memiliki kandungan vitamin dan mineral yang mampu meningkatkan cairan tubuh si penderita. Pilihan lainnya ialah penderita juga disarankan agar mampu meminum jus sayuran organik murni. Minuman tersebut yang kemudian mengandung vitamin serta nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Apabila penderita dengan ciri demam berdarah yang cukup ringan dan sedang  mencoba meminum jus sayuran secara rutin, maka mampu membantu mempercepat proses pemulihan.   

Seseorang yang terinfeksi virus dengue ini sebaiknya segera di bawa ke dokter untuk mendapatkan perawatan intensif. Diagnosis yang dilakukan pada penyakit demam berdarah dilakukan melalui adanya pemeriksaan fisik dan wawancara medis. Terdapat pula pemeriksaan penunjang contohnya pemeriksaan darah di laboratorium pun harus dilakukan. Namun, setelah merasakan terjadinya ciri demam berdarah, maka dapat segera konsultasi dokter  atau dengan secara langsung mengunjungi rumah sakit terdekat, supaya mampu langsung dilakukan diagnosis. 

Demam Berdarah - Pengertian, Gejala, Penyebab, Faktor Risiko ...

Sumber gambar: halodoc.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *