Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Enak, Ini 10 Makanan Ibu Hamil Supaya Bayi Terlahir Cerdas

Pada saat kehamilan tentunya adalah hal yang paling di tunggu tunggu dan menjadi kebangaan tersendiri bagi sebagian besar seorang ibu. Saat kehamilan berlangsung banyak yang perlu diperhatikan, seperti diperlukannya olahraga yang ringan, juga asupan gizi yang baik pada ibu hamil beserta bayi dalam kandungan yang tentunya sangat diperlukan, untuk mengetahui lebih dalam mengenai asupan gizi dari makanan seperti apa yang harus dipenuhi oleh ibu hamil sekaligus yang dibutuhkan oleh bayi dan lain sebagainya adalah sebagai berikut.

Nutrisi yang diperlukan saat ibu hamil ini yaitu, kalsium, kalsium merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh ibu bayi juga sang janin di karenakannya untuk menciptakan tulang yang kuat juga pembentukan sel-sel organ tubuh pada si kecil di dalam perut. Maka dari itu makanan sehat sangat dianjurkan untuk ibu hamil demi kesehatan dari keduanya. Agar ibu hamil mendapat kalsium sebanyak 1000 mg per hari maka dianjurkan untuk selalu meminum susu.

Agar ibu hamil dapat terus memiliki energi, dan dapat beraktivitas dengan baik juga untuk mendukung perkembangan janinnya maka diperlukanlah karbohidrat dan serat yang cukup untuk melengkapi nutrisi pada ibu hamil. Karna karbohidrat dan juga serat adalah sumber energy yang sangat tinggi bila dikonsumsi dengan baik.

Supaya terbentuknya struktur saraf yang baik pada ibu hamil dan juga bayinya maka dibutuhkan dari makanan yang mengandung asam folat juga supaya jumlah sel darah merah dan putih dapat seimbang dengan baik, maka ibu hamil membutuhkan 0,4 mg asam folat per harinya.

Selanjutnya ibu hamil sangat membutuhkan mineral yaitu yodium dan zat besi pada tubuhnya beserta janinnya. Dimana asupan yodium berfungsi untuk memproduksi hormone yang mendukung pertumbuhan otak pada bayi, sedangkan zat besi mencegah ibu hamil mengalami anemia pada saat hamil serta menyusui dan juga dapat menstimulasi asi pada ibu agar lebih maksimal.

Ibu hamil juga membutuhkan nutrisi lemak, yaitu lemak tak jenuh. Lemak sehat ini tentunya sangat baik untuk pertumbuhan otak serta sistem saraf pada bayi. Juga menjadikan sebagai cadangan energy pada ibu juga janin. Akan tetapi, memakan makanan yang mengandung lemak ini harus di batasi agar nantinya tidak menjadikan ibu dan bayi menjadi obsesitas.

Dan yang terakhir, ibu hamil membutuhkan vitamin A, B6, B12, C serta D. Tidak hanya ibu hamil yang membutuhkan vitamin janin dalam perut pun sangat membutuhkan vitamin, karna vitamin sebagai imun yang menguatkan sistem pada tubuh, juga menyehatkan pada pencernaan, dan membantu pertumbuhan serta perkembangan janin pada kandungan. 

Makanan yang dibutuhkan pada ibu hamil serta janinnya adalah berupa nasi merah ataupun gandum, makanan ini sangat kaya akan serat dan vitamin E yang tentunya baik untuk perkembangan janin dan ibu hamil. Kemudian ubi yang tentunya memiliki segudang kelebihan yaitu vitamin B6, C, Potasium, zat besi dan betakaroten yang baik untuk tulang,kulit serta mata pada bayi. Kemudian makanan lainnya seperti oatmeal, kacang-kacangan, telur, daging tanpa adanya lemak, brokoli, ikan salmon, pisang, air kelapa, susu, air, jus jeruk dan sebagainya. Sangat menyenangkan tentunya menikmati sang bayi keluar dengan sehat dari perut ibu, dan jangan lupa untuk memberi nama bayi sebelum dilahirkan. 

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *