Pertimbangan Bayar Tunai VS Kredit Laptop, Mana Paling Untung?

Kredit laptop bisa jadi salah satu solusi untuk membantu usaha kamu. Tapi, pernahkah kamu berpikir untung rugi antara bayar tunai dengan pembelian secara kredit?

Yuk kita bahas apa saja perbandingan pembelian laptop secara tunai maupun secara kredit berikut ini;

Pembelian tunai tidak dibebani bunga

Jelas saja jika membeli secara tunai tidak dibebani dengan bunga bulanan. Berbeda dengan pembelian secara kredit yang dibebankan bunga tiap bulan. Akan tetapi, pembebanan bunga dan simulasi cicilannya biasanya sudah diinformasikan secara transparan sebelum kamu menyetujui transaksi.

Begitu juga jika bertransaksi secara kreditmelalui Kredivo. Semua pembelian dengan metode cicilan akan dikenai bunga 2,95%. Bunga ini akan diinformasikan di muka. Artinya ada persetujuan antara kedua belah pihak.

Kredivo memberikan pilihan tenor 3, 6 sampai dengan 12 bulan. Semakin lama pinjamannya, selisih yang dibayar pun akan semakin tinggi. Untuk itu kamu harus sesuaikan dengan kondisi finansial kamu.

Harga jauh lebih murah

Harga laptop yang dibeli secara tunai lebih murah dibandingkan dengan cara membeli secara kredit. Hal ini disebabkan karena ada selisih bunga yang dibebankan. Jika jeli sebetulnya kamu bisa lebih selektif memilih perusahaan pembiayaan yang menyediakan kredit laptop dengan bunga rendah.

Akan tetapi, pada saat tidak memiliki tabungan yang cukup dan terdesak dengan kebutuhan untuk membeli laptop dengan spesifikasi tertentu, kredit laptop bisa menjadi solusi.

Tidak berurusan dengan angsuran tiap bulan

Tentu kamu tidak perlu pusing membayar tagihan tiap bulan jika membeli laptop secara tunai. Tetapi, kamu perlu biaya di muka dengan jumlah yang cukup besar untuk pembelian secara tunai. Berbeda dengan pembelian secara mencicil. Tanpa uang muka, kamu sudah bisa membawa pulang laptop yang dibutuhkan dengan dana lebih ringan.

Salah satu yang memang akan membuat kamu harus lebih komitmen adalah saat pembayaran angsuran. Diusahakan untuk selalu membayar tagihan sebelum jatuh tempo. Jika pembayaran melewati jatuh tempo tentu risikonya harus membayar denda.

Hal ini sebetulnya bisa disiasati. Salah satunya dengan mengukur kemampuan cash flow bulanan dalam membayar cicilan. Seperti kata pakar keuangan, idealnya utang tidak boleh lebih dari 30 persen dari total pendapatan.

Misalnya jika gaji bulanan kamu sekitar Rp 3 jutaan per bulan, maka upayakan untuk mencicil barang dengan harga Rp900.000 per bulan.

Itulah beberapa pertimbangan antara bayar tunai dengan kredit laptop. Pertimbangkan dengan matang mana yang paling menguntungkan untuk kamu sendiri.

Utang tak selamanya menjadi momok yang menakutkan, jika dikelola dengan baik, utang justru bisa membantu roda bisnis kecil tanpa harus selalu bergantung pada penyedia modal besar.

Untuk mendapatkan pinjaman tunai secara online pun kini lebih mudah menggunakan Kredivo. Bagi pengguna cicilan maupun pengguna bayar 30 hari tanpa bunga bisa memanfaatkan layanan Pinjaman Tunai maupun Pinjaman Jumbo dari Kredivo.

Untuk Pinjaman Tunai, kamu bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp 500 ribu dengan tenor 30. Bagi pengguna akun cicilan bunganya hanya 2,95% saja, sedangkan bagi pengguna bayar dalam 30 hari bunganya 4%.

Untuk Pinjaman Jumbo diberikan kredit lebih besar mulai dari Rp 1 juta sampai dengan batas kredit limit yang dimiliki masih tersisa. Bunganya 2,95% dengan pilihan tenor 3 dan 6 bulan. Pinjaman tunai ini tidak hanya bisa digunakan untuk kebutuhan darurat saja tapi juga bisa digunakan untuk menunjang kebutuhan produktif seperti untuk menunjang usaha kecil yang tengah berkembang.

Syarat untuk mendaftarpun sangat mudah. Semua pendaftaran bisa dilakukan dengan mengunduh aplikasi resmi Kredivo terlebih dahulu dari Google Play Store maupun App Store. Pastikan saja kamu sudah berusia minimal 18 tahun, punya penghasilan tetap minimal Rp 3 juta perbulan dan berdomisili di wilayah Jabodetabek, Kota Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, atau Denpasar.

Kredivo sudah bekerja sama dengan lebih dari 200+ merchant online di Indonesia. Artinya kamu bisa membandingkan dari semua merchant yang ada untuk mendapatkan laptop dengan harga terbaik yang hendak kamu beli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *